L

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Power Amplifier AXL Audion Mati Sediri


Bismillahirrohmanirrohim


AXL Audion: A3

Ya, secara harfiah memang AXL Audion ini Mati Sendiri, jadi meski Switch masih dalam posisi On, tapi Power Amplifier ini akan Off dengan sendirinya.

Masalah ini saya alami pada AXL Audion A3 dan A6, sedangkan pada A12 (Sub-woofer) tidak terjadi. Perlu diketahui saat artikel ini saya buat, saya memang baru punya tipe A3, A6 dan A12 saja.

Saya sudah bertanya ke forum-forum dan group-group yang relevant, dan hasilnya sama, masalah ini adalah masalah umum atau penyakit bawaan AXL Audion.

 

Penyebab Mati Sendiri

Ketika saya lakukan analisa, penyebab mati sendiri ini adalah Thermistor yang Overheat (Kepanasan).

Thermistor di Rangkaian Soft Start

Ya, AXL Audion menggunakan Soft Start dengan Thermistor, bukan Resistor Batu.

Tujuan dari penggunaan Thermistor ini adalah menghindari PCB Gosong bahkan Kebakaraan (Kemungkinan Terburuk) akibat Resistor Batu Putih yang Overheat.

Pada Thermistor, ketika dia panas, maka Power Amplifier akan Shut Down/Off/Mati karena karakteristik dari Thermistor yang digunakan.

Dari sini kita sudah bisa tau bahwa jenis Thermistor yang digunakan adalah PTC (Positive Temperature Coefficient) yang jika suhunya semakin panas, maka nilai tahanan/resistensinya akan naik juga sehingga berfungsi sebagai Sikring/Fuse yang bisa direset (Akan berfungsi lagi ketika dingin alias Resettable Fuse).

Ini aneh menurut saya, seharusnya rangkaian Soft Start itu menggunakan Thermistor jenis NTC (Negative Temperature Coefficient) yang jika suhunya semakin panas, maka nilai tahanan/resistensinya akan turun, sehingga seluruh aliran listrik mengalir tanpa dikurangi oleh resistensi dari thermistor tersebut.

Pada Resistor Batu, ketika dia panas, maka akan terus panas sampai PCB gosong, resistornya pun pecah.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified