L

Jangan Asal Pasang !, Yuk Optimasi dan Efisiensi Penggunaan Media Filtrasi Air Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Air


Bismillahirrohmanirrohim


 

Whole House Water Filtering: Housing

Saat ini teknologi penjernih dan peningkat kualitas air tanah semakin bagus saja, kita disodori banyak pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun jika Anda berkonsultasi dengan para penjual produk tersebut maka tentu mereka mementingkan penjualan dan biasanya membiarkan kita melakukan tindakan “Overkill” atau Berlebihan.

Sebaiknya gunakan media filtrasi sesuai kondisi air tanah di tempat kita, agar bisa menghemat budget yang harus kita keluarkan.

 

Masalah Umum pada Air

Beberapa kondisi air yang umum di Indonesia adalah:

  1. Air keruh sejak awal karena Sedimentasi seperti Tanah, Pasir, dsb
  2. Awalnya air jernih, namun menjadi keruh setelah didiamkan beberapa lama pada bak penampungan air dan meninggalkan kerak berwarna karat pada permukaan bak penampungan air, itu disebabkan adanya kandungan Zat Besi dan Mangan pada air yang menyebabkan air berubah warna karena Zat Besi tersebut mengalami oksidasi ketika terpapar oksigen di udara.
  3. Air berbau dan rasanya tidak enak, dalam kondisi ini biasa saja kondisi air sebenarnya jernih.

Nah kualitas air yang layak konsumsi adalah air yang tidak mengalami masalah-masalah di atas, yakni jernih, tidak berbau dan tidak berasa (Tawar).

 

Solusi dari Setiap Masalah pada Air

Solusi untuk setiap masalah itu pun bermacam-macam sesuai kondisi pada air, saya urutkan sesuai nomor masalah pada air yang saya jelaskan sebelumnya di atas, yakni:

  1. Sedimen Nano Filter, gunanya untuk menyaring kontaminan pada air yang kasat mata sehingga mempengaruhi warna pada air yang terlihat sejak awal, ini tersedia dalam ukuran kerapatan 05 Micron, 03 Micron, dan 01 Micron. Mana yang terbaik ?, sesuaikan dengan tingkat kekeruhan air, jika sangat keruh sebaiknya gunakan 01 Micron.
  2. Greensand atau Pasir Aktif, gunanya untuk mengoksidasi kandungan besi dan mangan pada air sehingga menjadi endapan yang mudah disaring oleh Pasir Aktif.
  3. Karbon Aktif, gunanya untuk menyerap senyawa-senyawa yang mempengaruhi aroma dan rasa pada air serta senyawa kimia lainnya yang berbahaya seperti peptisida.

 

Apakah Harus Menggunakan Semuanya ?

Well, jawabannya adalah relatif, kita harus riset untuk menentukan mana yang harus kita gunakan untuk efisiensi budget.

Jika budget-nya banyak, gunakan semuanya akan lebih baik, karena Sedimen Filter yang ditelakkan di tahap pertama akan memperlama masa pakai Pasir Aktif dan Karbon Aktif.

Namun sebaiknya gunakan sesuai kebutuhan saja 😀

Misalnya, jika air tidak mengandung zat besi dan mangan, maka tidak perlu menggunakan Pasir Aktif, namun kondisi air keruh sejak awal dan berasa serta berbau maka gunakan Sedimen Filter dan Karbon Aktif.

Namun jika air mengandung zat besi dan mangan, maka gunakan Pasir Aktif, dalam hal ini tidak perlu menggunakan Sediment Filter karena Pasir Aktif sejatinya juga merupakan Sediment Filter. Bahkan ada Cartridge yang memiliki 2 In 1 Solution yakni Sediment Filter + Paisr Aktif dalam satu Cartridge, itu bisa digunakan untuk menghemat biaya pembelian Housing Filter dan menghemat penggunaan tempat.

Kemudian jika air mengandung zat besi dan mangan serta ketika sudah jernih karena penggunaan Pasir Aktif masih ada rasa dan bau tidak sedap dari air yang sebenarnya sudah jernih itu, maka tambahkanlah Karbon Aktif sebagai solusi akhir.

Ada juga kondisi air yang jernih tidak mengandung besi dan mangan, tapi memiliki rasa dan bau tidak sedap, maka cukup gunakan karbon aktif saja.

 

Penggunaan Sedimen Filter bisa diterapkan pada semua opsi karena harga dari Sediment Filter biasanya lebih murah daripada media filtrasi yang lainnya, sehingga sangat direkomendasikan untuk tetap menggunakan Sedimen Filter pada tahap awal filtrasi. Ada dua solusi yang ada di pasaran saat ini, yakni Sedimen Filter khusus yang tentu membutuhkan Housing lagi untuk itu, dan juga Cartridge 2 In 1 yakni Sedimen Filter + Pasir Aktif dan ada juga Sedimen Filter + Karbon Aktif, silahkan sesuaikan kebutuhan, kelebihan opsi ini adalah kita tidak perlu menyediakan Housing tambahan hanya untuk Sedimen Filter saja.

 

Kesimpulan

Jika budget-nya banyak dan Anda tidak masalah, gunakan saja semua media filtrasi yang ada, karena semuanya bermanfaat sehingga semakin maksimal kualitas air yang Anda gunakan dan konsumsi 😀

Namun sebaiknya lakukan tahapan di atas agar efisiensi dan optimasi bisa dilakukan, caranya mudah saja, yakni gunakan dulu satu Housing Filter ukuran 10 Inch, kemduian gunakan media filtrasi sesuai kondisi air yang sudah saya jelaskan di atas, tambah lagi Housing Filter baru jika satu solusi media filtrasi tersebut masih tidak menyelesaikan masalah air yang Anda alami.

Bahkan dalam beberapa kasus, saya pernah menghandle client yang membutuhkan lebih dari satu Housing Filter yang semuanya menggunakan media filtrasi Pasir Aktif karena banyaknya kandungan besi dan mangan pada air.

Karena kira-kira 80% dari tubuh kita adalah air, maka optimasi air yang kita konsumsi itu perlu, dan Alhamdulillah biayanya tidak mahal jika dibandingkan manfaat yang bisa kita dapatkan.

Salah satu contoh penyakit yang salah satu penyebabnya adalah karena kualitas air yang buruk adalah penyakit Maag atau Tukak Lambung, karena terlalu sering mengkonsumsi air yang mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga mengiritas lambung dan sistem pencernaan.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified