L

Ternyata Seperti Ini Cara Mudah dan Cepat Melepas Per Sentri Motor Matic !


Bismillahirrohmanirrohim


Melepas Per Sentri

Siapa yang pernah melepas Per Sentri menggunakan Obeng Min atau Tang ?, Daripada dicongkel, lebih baik ditarik 😀

Per Sentri atau Sentrifugal atau Clutch Spring adalah part yang cukup sulit dalam melepaskannya, karena posisinya yang terkait di masing-masing lubang pada Sepatu Kopling, dan memang perlu diakui bahwa Per Sentri itu Keras bro 😀

Maka dari itu, disini saya akan Share Trik cara melepas Per Sentri dengan sangat mudah dan sangat cepat !

Konsepnya mudah saja, yakni tarik ke belakang, lalu ketika pengait Per Sentri sudah bebas dari lubang cantolannya, kemudian ubah arah tarikan menjadi ke arah ata.

Special Tool-nya cuma Tali Rafia 😀

Ya, Anda tidak salah dengar, Trik ini merupakan Trik paling umum dalam berurusan dengan Per yakni ketika melepaskannya. Baik itu Per Sentrifugal, Per Side Stand (Standar Samping), Per Center Stand (Standar Tengah), Per Knalpot Slip On, dsb

Untuk lebih jelasnya, saya sudah membuatkan Video-nya yang bisa Anda tonton langsung disini.

 

Video Trik Melepaskan Per Sentri

Ada Trik umum dalam hal melepaskan Per, baik itu Per Sentrifugal Motor Matik, Per Side Stand Motor, dan Per Knalpot Slip On, yakni menggunakan The Legend of Multipurpose Tool = Tali Rumput Jepang, eh ... Tali Rafia 😀 Trik ini bisa dilakukan sendiri/DIY (Do It Your Self), dan apa boleh buat, Kedua Kaki kita pun jadi ikut ambil bagian dalam project ini 😀

Durasi Video hanya 19 Detik saja, namun jika Anda perlu Penjelasan berupa Tutorial, akan saya jelaskan dengan senang hati 🙂

Jika Anda tidak dapat memutar Video diatas, Klik disini untuk memutar Video di YouTube secara langsung baik di Desktop maupun di Smartphone.

 

Tutorial Step by Step Melepaskan Per Sentri

Seperti Konsep yang sudah saya sebukan diawal Artikel ini, Anda saya asumsikan sudah berhasil membongkar CVT (Overhaul), melepaskan Kopling dari Secondary Sheave, dengan kata lain, Anda sudah tinggal melepaskan Per Sentri-nya saja.

Siapkan seutas Tali Rafia yang mudah sekali didapatkan disekitaran rumah kita, karena sudah menjadi Tools paling umum di Indonesia 😀

Tidak perlu panjang-panjang, yang penting Anda pastikan bahwa Tali Rafia itu cukup untuk pegangan Anda dalam menarik Per Sentri dari dudukannya, jika terlalu pendek, maka Anda akan memerlukan tenaga yang lebih besar dalam melakukan ini.

 

Langkah Pertama

Cara Melepas Per Sentri Langkah Pertama

Cara Melepas Per Sentri Langkah Pertama

 

Langkah Kedua

Cara Melepas Per Sentri Langkah Kedua

Cara Melepas Per Sentri Langkah Kedua

Masukkan Tali Rafia kedalam sela Per Sentri seperti yang terlihat pada gambar, dan bagian Per Sentri yang akan dikaitkan dengan Tali Rafia juga harus disamakan dengan yang terlihat pada Gambar, jangan terbalik.

Jika sudah, tarik kearah belakang  Tali Rafia tersebut sekuat tenaga Anda, ikuti arah Anak Panah seperti pada Gambar, sampai Per Sentri merenggang dan bagian pengaitnya sudah terbebas dari lubang dudukannya di Sepatu Kopling. Tahan posisi itu, dan langsung ubah arah penarikan Tali Rafia tersebut ke arah atas.

Melepas Per Sentri

Berhasil !

Selesai, Per Sentri pun sudah Berhasil Anda lepaskan 🙂

 

Bagaimana Cara Memasang Per Sentri Kembali ?

Mudah, lakukan semua langkah diatas dengan urutan sebaliknya, yakni:

  1. Pasangkan salah satu sisi Per Sentri ke dudukannya di Sepatu Kopling.
  2. Pasang Tali Rafia ke sisi Per Sentri yang satunya.
  3. Tarik Tali Rafia kearah belakang sekuat tenaga Anda, sampai Per Sentri merenggang, tahan pada Posisi tersebut.
  4. Dorong Per Sentri dari atas ke bawah, sehingga sisi tersebut dapat mengait lubang dudukannya di Sepatu Kopling.

 

Saya tetap menyarankan Anda untuk melihat Video diatas jika masih belum paham penjelasan tekstual yang saya paparkan.

Dengan Trik ini, kita bisa mencegah kerusakan pada cantolan Per CVT di Sepatu Kampas Kopling karena prosedur yang salah, yakni dicongkel pakai Obeng Min atau ditarik pakai Tang Lancip. Kan sayang bro, nanti jebol kan bisa bahaya 😀

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified