L

Ternyata Seperti Ini Native Ads Baru dari Google AdSense


Bismillahirrohmanirrohim


Google AdSense

Ketika saya ingin menambahkan native ads berupa in-feed di blog saya ini, saya melihat ada jenis unit ads baru bernama “Matched Content”.

Matched Content ini masih termasud Native Ads dari Google AdSense loh !

Jadi Google AdSense memang sudah lama sob menyediakan jenis native ads unit untuk para publisher-nya, sebelumnya kan kita sudah biasa ya dengan adanya native ads berupa in-article dan in-feeds ?

Nah yang baru ini dari namanya saja saya sudah tau kalau ini pasti sejenis related post 😀

Nah daripada penasaran, saya pasang saja kan ?

Beginilah tampilan matched content di blog saya:

Google AdSense: Matched Content

Tuh kan sejenis grid thumbnail related post 😀

Saya awalnya sempat kepikiran bahwa matched content ini sejenis iklan yang mempromosikan artikel-artikel dari blogger lain di blog kita, begitu juga sebaliknya, artikel kita akan dipromosikan juga di blog milik blogger lain, seperti yang ada di KumpulBlogger.

 

Iklan atau Bukan Nih ?

Tapi kok malah postingan saya semua yah ?, tidak ada iklannya 🙁

Padahal jelas-jelas ini adalah native ads unit dan di tampilan iklannya pun ada keterangan “Iklan oleh Google” dan ada tambahan informasi “Powered by Google”.

Saya yakin bahwa ini adalah Native Ads baru yang secara konsep sama seperti native ads lain seperti AdNow, MGID, dsb yang memang konsepnya seperti related post.

Jika bukan, kenapa di Dashboard Google AdSense ini disebut Ads Unit ?

Mengenai tidak ada iklan-nya, itu tergantung dari advertiser (Pengiklan) yang mengiklankan produk/layanannya pada jenis tampilan iklan matched content ini.

Oh ya, matched content ini bisa kita buat responsif dan fixed, tampilannya akan otomatis menyesuaikan ukuran layar jika kita memilih mode responsif.

 

Keren yah ? 😀

 

Ads Unit Eksklusif

Lebih keren lagi setelah tau kalau tidak semua publisher yang bisa mendapatkan kesempatan menggunakan mateched content ini !

Nah karena masih terbatas atau eksklusif inilah yang menyebabkan belum banyaknya stock iklan pada ads unit baru ini.

 

Syarat dan Kriteria Publisher

Masih belum jelas apa syarat dan kriteria publisher yang bisa memasang matched content ini, sehingga tidak ada yang bisa memberikan tips dan trick yang benar-benar akurat.

Karena publisher baru dengan page views yang sedikit pun nyatanya juga bisa memasang matched content ini, begitu juga sebaliknya, ada publisher dengan page views yang banyak tapi tidak mendapatkan matched content ini.

Seperti biasa memang Google AdSense selalu memiliki misteri tersendiri bagi publisher-nya 😀

 

Menambah Page Views dan Mengurangi Bounce Rate

Yupz, tentu saja ads unit baru ini dapat menambah page views kita yang memasangnya, karena fungsinya yang sekaligus sebagai related post dari artikel yang dibaca oleh pengunjung.

Selain itu, ads unit baru ini juga bisa mengurangi Bounce Rate.

Saya masih belum tau apa parameter-nya, tapi dari yang saya lihat sih ya, matched content ini justru seperti random related post 😀

Mungkin karena blog saya saja yang “Gado-gado” 😀

 

Tidak Anti AdBlocker

Nah karena pada dasarnya matched content ini adalah native ads berupa related post, maka tentu saja akan bisa diblock oleh AdBlocker 🙁

Artinya, matched content ini pun akan hilang dari halaman 🙁

 

Kesimpulan

Matched Content ini adalah iklan jenis baru dari varian Native Ads dari Google AdSense, melengkapi varian lain berupa in-article dan in-feed.

Sesuai namanya, matched content adalah native ads yang memiliki tampilan layaknya related post yang dilengkapi gambar thumbnail. Anda yang pernah mencoba native ads jenis ini di ads network lain mungkin sudah biasa yah, seperti di AdNow, dsb itu loh, tapi karena ini dari Google, tentu saja lebih keren dan bagus di semua sisi 😀

Mengenai pertanyaan apakah ini iklan yang akan menghasilkan earning uang untuk para publishernya ?, saya pastikan ini adalah ads unit, tentu saja bisa eraning 😀

Kalau cuma belum adanya iklan yang muncul, itu bisa dimaklumi karena ads unit ini masih baru dan masih eksklusif, tentu stock iklannya belum banyak atau bahkan belum ada saat artikel ini saya tulis.

Karena ada manfaat lain selain earning, yakni meningkatkan page views dan menurunkan bounce rate, maka banyak publisher yang tetap memasang-nya meski tidak ada iklan-nya 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified