L

ROG Strix GL503VD: Masalah Linux Tidak Mengenali Touchpad


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: RGB Backlight Keyboard

Saya adalah Linuxer, dan setelah saya membeli laptop ASUS ROG Strix GL503VD, saya mendapati bahwa Touchpad pada Laptop ini kacau balau, liar tak terkendali.

Setelah saya telusuri, ini bukan masalah konfigurasi atau setting semata, tapi lebih dari itu, yakni Linux Kernel belum mendukung Touchpad yang digunakan laptop ini !

Kalau Anda googling, maka selain menemukan artikel ini, maka Anda juga akan mendapati situs-situs lain sedang mendiskusikan masalah ini.

Sampai artikel ini saya publish, belum ada solusi dari masalah ini kecuali dengan menggunakan Mouse tambahan, itu lucu bukan ? 😀

Bagi saya yang tipikal user yang lebih suka menggunakan Touchpad, karena ini Laptop, maka opsi itu bukan solusi bagi saya.

Kalau untuk Graphic Card NVidia GeForce yang digunakan laptop ini, itu sudah didukung oleh Linux, kita bisa menginstall Driver-nya dengan mudah, meski saat instalasi itu tidak bisa dilakukan, bahkan untuk booting ke Installer/Live Linux itu sendiri pun kita tidak bisa lakukan begitu saja, harus memodifikasi kode di GRUB-nya dulu.

Saya sudah mencoba beberapa Distro Linux, dari yang Regural Update sampai Rolling Release Update pun masih tidak mengatasii masalah ini, karena memang ini masalah dari sisi Kernelnya.

Bahkan di Ubuntu versi terbaru saat ini yakni Ubuntu 18.04 LTE, masalah ini belum teratasi.

Memang benar laptop ini sangat optimal sekali jika menggunakan Windows 10, bahkan saya pun sudah membeli Lisensi Retail FPP Windows 10 Pro untuk laptop ini, meski bawaannya sudah menggunakan Windows 10 Home OEM.

Tapi sebagai Linuxer, tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan Linux 😀

Bagi saya Windows adalah yang kedua, dan Linux adalah yang pertama menjadi prioritas saya dalam aktivitas komputasi harian, menggunakan Windows hanya ketika saya butuh saja, yang memang tidak ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan Linux yang hanya bisa dilakukan oleh Windows.

 

Saat ini bisa dikatakan artikel ini hanya sebatas unek-unek saya saja terkait masalah ini, namun kedepannya saya pasti update artikel ini dengan memberikan solusi yang saya temukan terkait masalah ini, entah itu dengan cara manual dan advanced misalnya dengan cara mencustom kernel yang ada atau ada tweak lain terkait masalah ini.

Jika Anda lebih dulu tau solusi dari masalah ini, mohon kasih tau saya bagaimana caranya 🙂

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified