L

Alarm Remote: Kelistrikan Motor Menyala padahal Kontak Off


Bismillahirrohmanirrohim


MP Alarm Two Way Versi 2017

Ini salah satu “Bug” (Masalah) ketika menggunakan Alarm Remote pada Sepeda Motor, dan sangat mudah diatasi.

Jangan dikira pemasangan alarm remote pada motor itu bisa PnP (Plug and Play) dari pabrikan modul alarmnya, kecuali sudah dimodif oleh penjual sesuai jenis motor masing-masing pembeli.

Nah kali ini saya mau bahas yang ringan-ringan dulu terkait alarm remote ini, soalnya untuk artikel pemasangan alarm remote di motor saya yah sayang sekali tidak bisa saya garap dalam waktu dekat karena saya sebelumnya mengalami musibah yakni seluruh data di smartphone saya terformat/terhapus, termasuk foto-foto project pemasangan alarm remote di motor saya, dan tidak bisa direcovery lagi datanya.

Mungkin nanti akan saya capture lagi fotonya, minimal foto sesudah dipasang, soalnya tidak mungkin kan saya bongkar semuanya lalu pasangin lagi cuma untuk foto dokumentasi ?, haha sebenarnya sih foto itu perlunya cuma untuk pamer hasil kerjaan saya saja :D, soalnya tutorial pemasangan alarm remote di motor sudah banyak banget, tapi versi saya ada perbedaan dari yang lain.

Karena sebenarnya pemasangan alarm remote versi saya itu bedanya cuma di pemasangan pada motor dengan 4 kabel kontak, yakni Merah/Putih, Hitam/Putih, Hitam/Merah, Hitam Polos (Garis miring maksudnya warna kabelnya dua warna dalam satu kabel).

Mungkin artikel pembahasan mengenai itu akan saya share wiring diagram dan komponen tambahan yang diperlukan saja.

Karena versi saya itu beda sob dengan yang sudah umum dilakukan orang lain, karena saya tidak menggunakan Dioda Forward Bias pada salah satu kabel (Hitam/Putih dan Hitam Polos), tapi pakai Relay lagi yang ditrigger oleh kabel Orange dari Modul Alarm, Dioda Reverse Bias saya gunakan hanya untuk Freewheeling Diode pada Relay saja.

 

Efek Samping Penggunaan Dioda

Nah ngomong-ngomong tentang Dioda, saya tidak menggunakan Dioda pada pemasangan alarm remote, yakni pada pemasangan kabel Orange ke dua kabel positif kontak karena Dioda memiliki kekurangan khasnya yakni akan terjadi Voltage Drop ± 0.7V.

Alhasil jika di kabel Hitam/Putih tegangannya 12.4V maka pada kabel Hitam Polos yang dipasangi Dioda Forward Bias akan terjadi Voltage Drop dan tegangan yang didapat hanyalah 11.7V saja.

Tapi pada artikel mengatasi masalah kelistrikan motor yang aktif ketika saklar lampu sein aktif dan kita menekan tombol di remote alarm yang menyebabkan lampu sein menyala itu kali ini saya menggunakan Dioda Forward Bias, karena tidak ada cara lain, Voltage Drop yang terjadi tidak bisa dielakkan lagi dan masih bisa ditoleransi, apalagi jika lampu sein menggunakan jenis lampu LED dan lampu sein tidak seperti aksesoris kelistrikan lain yang sering dinyalakan dalam waktu lama. Makanya saya tidak mentoleransi Voltage Drop dari Dioda pada pemasangan alarm remote pada kabel Kunci Kontak.

 

Pemasangan Dioda: Forward dan Reverse Bias

Dari tadi saya mengatakan “Dioda Forward/Reverse Bias” yah 😀

Jika Anda belum tau maksudnya, maka akan saya jelaskan disini, maksudnya ya arah pemasangan Anoda dan Katoda pada Dioda saja, mungkin ilustrasi dibawah akan memperjelasnya:

Dioda Forward dan Reverse Bias

Garis vertikal pada simbol di atas sesuai dengan tanda garis yang ada pada dioda pada umumnya.

Seperti bahan-bahan yang diperlukan dalam project ini.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified