L

Kontroversi Domain anything.id yang Sudah Bisa Didaftarkan Tanpa Syarat


Bismillahirrohmanirrohim


Bangga Pakai Domain .iD

Artikel ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan PANDI selaku pengelola Domain Indonesia. Saya hanya menuliskan unek-unek saya mengenai “Gebrakan” baru yang awalnya diinformasikan oleh salah satu Registrar-nya yakni Digital Registra kepada para Reseller-nya, karena saya adalah salah satu penggemar Domain anything.id.

Padahal di Website Resmi PANDI masih mewajibkan Syarat Dokumen untuk mendaftarkan Domain anything.id. Sehingga masih ada yang yakin bahwa “Palingan nanti berubah lagi kebijakannya” 😀

Berikut adalah isi Email yang dikirimkan pihak Digital Registra selaku salah satu Official Registrar dari PANDI:

Per 1 Agustus 2017, domain anything.ID tidak lagi membutuhkan dokumen / persyaratan. Sebagai gantinya kami akan memberlakukan verifikasi email registrant seperti halnya yang berlaku pada gTLD.
Verifikasi email akan dilakukan dengan mengirimkan email langsung pada Registrant dimana Registrant harus mengklik link yang tertera dalam email tersebut.

Jadi per tanggal 1 Agustus 2017, Domain anything.id tidak lagi membutuhkan Dokumen untuk verifikasi/validasi, contohnya: KTP untuk Personal.

Maka sebagai gantinya, proses verifikasi akan sama seperti Domain gTLD (General Top Level Domain) .com, .net, .info, dsb yakni hanya dengan cara mengklik link verifikasi yang dikirimkan registrar langsung ke inbox registrant (Orang yang mendaftarkan Domain).

Tidak hanya itu, masa promo yang semula sampai awal bulan september tahun 2017, malah dipersingkat menjadi sampai akhir bulan juli tahun 2017 ini saja, maka per tanggal 1 Agustus 2017, promo pun berakhir, dan harga pendaftaran maupun perpanjangan Domain anything.id fix menjadi Rp 250.000/Tahun !

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • mahfud sidik

    terimaksih atas info nya semoga bermanfaat

  • Sama-sama 🙂

  • Wahh, baru tahu saya kalo domain .id malah di jadiin tanpa syarat 😀

    Yang pasti gak ekslusif lg tuh domain .id nya 🙁

    Malahan saya juga pernah baca di DWH kalo harga perpanjangan domain .id menjadi 500rb/tahun setelah 1 Agustus 🙁

    Kira2 kalo 17-an ada promo gk yah? Bingung sy, sebaiknya saya transfer domain saya sekarang atau nanti 17-an? Mengingat domain saya mau habis 6 bulan lagi :'(

    • Pokoknya banyak yang tidak setuju jika Domain .id bisa didaftarkan tanpa syarat !

      Tidak eksklusif untuk orang Indonesia sudah pasti, karena kalau verifikasi cuma via email, berarti tidak ada batasan kewarganegaraan.

      Mengenai biaya perpanjangan, menjadi Rp 250.000/Tahun per 1 Agustus 2017 bro 🙁

      Semoga saja dalam nuansa 17’an ini ada promo lagi, padahal promo sebelumnya seharusnya berakhir pada awal september loh, ini malah awal agustus 🙁

      • Lha, yg bener 250rb atau 500rb, bro?

        • Ralat bro, yang benar jadi 250rb tanpa promo, baik registrasi baru, renew, maupun transfer, yang naik jadi 500rb itu cuma salah satu Registrar saja. Dan itu pun hanya renew dan transfer, untuk registrasi baru tetap 250rb tanpa promo.

          Dan member DWH yang menginformasikan bahwa Domain .id naik jadi 500rb itu adalah reseller dari registrar tersebut.

          Karena 250rb adalah harga eceran terrendah, sehingga sah-sah saja mau jual 500rb bahkan 1 juta sekalipun.

          Dan sampai saat postingan ini saya tulis, tidak ada pengumuman mengenai kenaikan harga eceran terrendah. Kebijakan harga eceran terrendah 250rb untuk new, renew, dan transfer itu sendiri sudah sejak tanggal 1 januari 2017.

          Jadi pengumuman kebijakan terbaru per tanggal 1 agustus 2017 ini hanya mengenai persyaratan Domain .id yang dihapuskan saja, sehingga verifikasi cukup mengklik link yang dikirim ke email registrant (pendaftar domain).

    • Untung Domain utama Blog ini sudah reserved 2 Tahun pas promo 😀

      Dan saya sudah reserved Domain utama Blog ini dengan Domain Extension .info



×
SSL Verified