L

Kondisi Komstir Bearing Bambu Setelah Pemakaian Lebih dari 4 Tahun


Bismillahirrohmanirrohim


Komstir Bearing Bambu: Bagian Bawah

Saya menggunakan komstir bearing bambu ini sudah lebih dari 4 tahun pada motor Old Vario 125i saya, karena saya kecewa dengan komstir bawaan/standard yang cepat oblak itu.

Saking seringnya oblak, komstir sering disetting di bengkel (saat saya masih belum bisa handle sendiri), dengan cara digetok pakai pahat, sampai baut-bautnya rusak semua, saya sampai order satu set baut-baut komstir ketika saya bisa handle sendiri urusan komstir, dengan teknik dan alat yang tepat, kerusakan baut komstir bisa diminimalisir.

Baut-baut Komstir

Baut Komstir Baru

Saya heran, motor udh bongsor-bongsor kayak Vario 125i, pihak pabrikan masih menggunakan komstir yang notabene adalah common part yg juga digunakan oleh motor jadul imut-imut macam Honda Grand 😀

Saya cuma 1x saja mengganti satu set komstir standard, dan masalah komstir oblak pun masih terjadi dalam waktu singkat. Makanya saya maklumi saja, yah komstir Honda Grand dipasang di Vario 125i, emang udah segitu umurnya 😀

Kemudian berdasarkan logika saya itu, saya pun mencari solusi komstir lain yang lebih heavy duty, dan ketemulah dengan komstir bearing/laher bambu (Needle Bearing) ini yang umum digunakan pada sepeda motor offroad.

Oh ya, sebenernya istilah “Needle Bearing” agak kurang tepat, karena bentuknya kerucut, needle bearing bentuknya lurus, nah saya lupa istilah yang benar untuk bearing bambu berbentuk kerucut ini, ada yang tau ?

Sebenarnya saat itu saya disuguhkan dua pilihan, yakni bearing bambu, atau apa lah namanya yang masih seperti standard yakni pakai ball bearing, namun ada bagian warna birunya yang saya tidak tau itu apa, produk yang saya maksud adalah komstir Enduro dari SKF.

Dan pilihan saya jatuh pada bearing bambu, padahal merek-nya agak tidak familiar yakni merek Kawa, saat ini saya lihat sudah ada merek lain dan bahkan tanpa packaging, entah merek apa bearingnya.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified