L

Faktanya Inilah Komponen CVT Motor Matic yang Bisa Dicuci pakai Air


Bismillahirrohmanirrohim


Primary Sheave

Mudahnya, ini adalah bagian depan dari sistem CVT.

Komponennya antara lain:

  1. Variator
  2. Ramp Plate
  3. Roller
  4. Slide Piece
  5. Bushing Variator
  6. Kipas Variator

Ada yang perlu kita perhatikan di bagian ini, yakni apakah Variator menggunakan Wet Lubricant atau Dry Lubricant ?

Maksud dari Wet Lubricant adalah menggunakan Grease pada bagian tengahnya, umumnya ini ada pada Variator motor matic produksi Yamaha.

Dan maksud dari Dry Lubricant adalah sebaliknya dari Wet Lubricant, yakni tidak menggunakan Grease. Lubrikasi murni dari campuran logam khusus yang menjadi liner di bagian tengah Variator yang bergesekan dengan Bushing, Variator jenis ini umumnya digunakan oleh motor matic produksi Honda, namun tidak semuanya, masih ada yang menggunakan Wet Lubricant.

Mudahnya, ketika dibongkar, lihat saja bagian tengah Variator, jika menggunakan Grease berarti Wet Lubricant.

Kenapa ini penting ?

Karena meskipun grease memiliki kemampuan water resistance, tetap saja kalau dicuci dengan sabun dia akan rusak.

Tapi jika memang Grease pada Variator ingin diganti dengan yang baru, silahkan saja, namun untuk menghilangkannya sebaiknya gunakan tissue, usap sampai habis dulu, kemudian baru dicuci pakai air sabun.

Jika tidak, maka cukup disemprot menggunakan angin bertekanan tinggi (Kompresor) saja pada bagian sela-sela jalur roller dan slide piece. Kemudian bisa dimaksimalkan lagi dengan cara diusap pakai lap, baik itu tissue atau kain bersih biasa.

Sebenarnya lebih baik menggunakan vacuum cleaner, karena debu dihisap, bukan ditiup dan beterbangan di lingkungan, jika menggunakan angin kompresor, gunakanlah masker untuk melindungi paru-paru.

 

Komponen lainnya seperti Roller, Slide Piece, Ramp Plate, Kipas Radiator, dan Bushing Variator, bisa dicuci menggunakan air sabun.

Tapi yang perlu diperhatikan, cepat keringkan menggunakan lap bersih hingga benar-benar kering, lalu jemur sebentar dibawah sinar matahari langsung untuk mencegah karat.

Jika air di sumber air di rumah Anda mengandung besi (Fe), maka di tahap akhir pencucian sebaiknya dibilas dengan Demineral Water, saat ini cukup mudah ditemukan dalam air minum demineral dalam kemasan.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified