L

Kembali Aktif Blogging Setelah Sempat Hiatus: Antara Facebook dan Blog


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Tak terasa sudah lumayan lama ya saya tidak mempublish artikel baru di blog ini 😀

Saya juga minta maaf jika komentar dan email yang masuk tidak bisa saya respon satu per satu dikarenakan kesibukan saya, Insya Allah akan saya reply secara bertahap.

Saya sebelumnya memang memutuskan untuk “Hiatus” dari dunia blogging saya ini (Hanya perihal konten, untuk maintenance dan security hardening tetap saya lakukan berkala), dikarenakan memang saat pembangunan blog ini saya melakukannya secara marathon yang tentu saja menguras banyak resource saya baik itu waktu, tenaga, pikiran, uang, dan banyak pengorbanan lainnya baik itu materi maupun imateri.

Alhasil saya mencapai titik jenuh dan lelah juga, hingga kemudian saya putuskan untuk rehat sejenak 😀

Ketika rehat alias hiatus, saya cukup merasa bosan juga, akhirnya saya putuskan untuk kembali aktif di Facebook dengan membuat akun baru (Membuat akun Facebook setelah lama hiatus dari blogging), karena akun lama saya dinonaktifkan oleh pihak Facebook secara sepihak tanpa alasan yang jelas, dan tidak mungkin diaktifkan kembali.

Saya memang sering bolak-balik dari Facebook, maksudnya saya seringkali menghapus akun secara permanen ketika saya jenuh di Facebook dan membuat akun lagi jika ingin kembali aktif di Facebook, kebiasaan yang aneh kan ?, sebenarnya hal itu saya lakukan cuma sebagai pembuktian kepada diri saya sendiri bahwa saya bisa loh berhenti dari Facebook bahkan dengan mudahkan menghapus akun saya secara permanent !

Beberapa kali melakukan itu, fix saya bisa hidup normal tanpa Facebook, dan saya tidak akan menghapus akun secara permanent lagi jika saya jenuh di Facebook, saya hanya akan logout saja. Soalnya saya aktif di Group juga dan saya biasa aktif sebagai kontributor, saya sudah cukup banyak kehilangan “Legacy” akibat tindakan saya dulu yang dengan mudahnya menghapus akun secara permanen.

 

Tapi …

Cukup aktif di Facebook (Belum sapai menjadi Hyperactive), saya bosan lagi di Facebook :D, dan perasaan kalau saya salah tempat itu selalu ada, karena Social Media itu menurut saya idealnya untuk Update Status, bukan Artikel yang notabene berisi Pemikieran, yah karena memang postingan saya memiliki kencenderungan menjadi artikel 😀

Yah meski secara teknis tidak salah tempat, karena pihak Facebook sebenarnya mendukung sharing pemikiran di platformnya, bukankah di kolom yang disediakan tertulis “Apa yang Anda pikirkan ?”, dan limit karakter yang luar biasa banyaknya.

Daripada terjebak di Zona Nyaman Facebook seperti sebelumnya yang membuat saya lama vacum dari dunia blogging, maka saya putuskan kembali aktif blogging.

Facebook bagi saya adalah pelarian saja mengisi kekosongan yang ada karena saya memutuskan hiatus dari aktivitas blogging.

Karena hasrat sharing dari seorang blogger itu tidak bisa dipendam, baik itu saya yang share ke orang lain, maupun saya mendapatkan informasi dan pengalaman yang dishare oleh orang lain.

Tapi saya merasa jika menulis artikel di Facebook dan Social Media lainnya itu tidak nyaman untuk Passion saya, karena saya tidak tau berapa banyak orang yang membaca, tanpa memberikan respon berupa Like, Komentar, dan lainnya. Karena Social Media tidak ada fitur Page Views.

Alhasil saya agak risih ketika mendapatkan Like yang sedikit bahkan tidak dapat Like sama sekali, bisa-bisa saya hapus postingan itu, meski sebenarnya cukup bermanfaat menurut saya.

Rasa risih itu juga yang membuat saya punya kebiasaan buruk lainnya di Social Media, yakni secara rutin mengevaluasi postingan sebelumnya di Activity Log yang dengan mudah saya hapus jika responnya tidak memuaskan, tidak relevant lagi, atau terdapat kesalahan.

Toh saya tau, di Social Media itu semua yang saya posting bersifat “Anget-anget Tai Ayam”, maksudnya visible dilihat oleh friendlist saat postingan itu masih baru, lama-lama akan tenggelam di Timelime dan terlupakan.

Nah saya yang menulis “Artikel” di Facebook merasa manfaatnya jadi hilang, itu cocoknya jika saya hanya Update Status saja, karena memang yah Activity Log, wajar jika lama-lama tenggelam di Timeline.

Untuk itulah saya mengingatkan diri saya pribadi untuk memberikan limitasi di Facebook, yakni pada Timeline sendiri jangan posting artikel, kalau mau posting artikel di Facebook, lakukan di Group yang relevant dengan topik yang saya angkat.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified