L

Jenis Teknologi Filter Karbon Aktif: CTO VS GAC !


Bismillahirrohmanirrohim


 

Whole House Water Filtering: Cartridge

Kebimbangan umum yang terjadi ketika merancang Whole House Water Filtering adalah mengenai CTO dan GAC. Karena keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang sama persis, bahkan material atau bahan pembuatannya pun sama, yakni Karbon (Arang) dari Batok Kelapa.

Ada banyak orang yang ujung-ujungnya ya menggunakan keduanya, yakni GAC dulu, baru kemudian CTO.

Lantas apakah itu salah ?

 

Untuk menjawab itu, saya akan menjelaskan dulu apa bedanya GAC dengan CTO.

 

GAC (Granular Activated Carbon)

Dapat kata kuncinya ?

Ya, Granular yang artinya “Sesuatu” yang berbentuk butiran-butiran, maka artinya bentuk dari bahan karbon pada Cartridge GAC adalah dalam bentuk butiran, ibarat arang yang ditumbuk halus 😀

Fungsi dari Karbon Aktif sendiri adalah untuk memperbaiki rasa dan aroma dari air yang melaluinya.

Karbon = Arang

Bedanya Arang Aktif dan Non-aktif adalah di proses pembuatannya, Arang dibakar di suhu yang lebih panas dan vakum agar pori-pori-nya lebih banyak daripada Arang Non-aktif.

Untuk penggunaan rumahan, penggunaan bahan batok kelapa adalah yang paling umum, karena harganya terjangkau jika dibandingkan bahan batu bara.

Karbon Aktif dari bahan batu bara digunakan pada skala industri dengan tekanan air yang besar.

 

CTO (Color, Tase, and Odor)

Huruf “C” ini ada beberapa variasi kepanjangannya sob, yakni “Color”, “Chorine”, dan “Carbon”, semuanya benar 😀

Dari penamaannya sendiri lebih kepada fungsi atau manfaat dari produk ini, namun sebenarnya bahannya sama yakni karbon aktig juga.

Artinya CTO pun memiliki fungsi memperbaiki Rasa (Tase) dan Aroma (Odor) dari air yang melaluinya.

Lalu apa bedanya dengan GAC ?

Bedanya adalah bentuk fisiknya.

Jika GAC adalah berbentuk butiran, maka CTO adalah berbentuk Solid Cylinder Block, secara teknis sebenarnya awalnya ya karbon yang dihaluskan tapi kemudian disatukan kembali dan dipadatkan sehingga menjadi Solid Carbon Block. Anda bisa cari di YouTube bagaimana proses pembuatan Karbon Aktif dan CTO. Biasanya produsen CTO adalah produsen spesialis yang menggunakan bahan Granular Activated Carbon dari produsen lain yang memproduksi Karbon Aktif dari awal.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified