L

Lebih Dalam Membahas Jenis Teknologi Filter Karbon Aktif: CTO VS GAC !


Bismillahirrohmanirrohim


 

Whole House Water Filtering: Cartridge

Kebimbangan umum yang terjadi ketika merancang Whole House Water Filtering adalah mengenai CTO dan GAC. Karena keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang sama persis, bahkan material atau bahan pembuatannya pun sama, yakni Karbon (Arang) dari Batok Kelapa.

Ada banyak orang yang ujung-ujungnya ya menggunakan keduanya, yakni GAC dulu, baru kemudian CTO.

Lantas apakah itu salah ?

 

Untuk menjawab itu, saya akan menjelaskan dulu apa bedanya GAC dengan CTO.

 

GAC (Granular Activated Carbon)

Dapat kata kuncinya ?

Ya, Granular yang artinya “Sesuatu” yang berbentuk butiran-butiran, maka artinya bentuk dari bahan karbon pada Cartridge GAC adalah dalam bentuk butiran, ibarat arang yang ditumbuk halus 😀

Fungsi dari Karbon Aktif sendiri adalah untuk memperbaiki rasa dan aroma dari air yang melaluinya.

Karbon = Arang

Bedanya Arang Aktif dan Non-aktif adalah di proses pembuatannya, Arang dibakar di suhu yang lebih panas dan vakum agar pori-pori-nya lebih banyak daripada Arang Non-aktif.

Untuk penggunaan rumahan, penggunaan bahan batok kelapa adalah yang paling umum, karena harganya terjangkau jika dibandingkan bahan batu bara.

Karbon Aktif dari bahan batu bara digunakan pada skala industri dengan tekanan air yang besar.

 

CTO (Color, Tase, and Odor)

Huruf “C” ini ada beberapa variasi kepanjangannya sob, yakni “Color”, “Chorine”, dan “Carbon”, semuanya benar 😀

Dari penamaannya sendiri lebih kepada fungsi atau manfaat dari produk ini, namun sebenarnya bahannya sama yakni karbon aktig juga.

Artinya CTO pun memiliki fungsi memperbaiki Rasa (Tase) dan Aroma (Odor) dari air yang melaluinya.

Lalu apa bedanya dengan GAC ?

Bedanya adalah bentuk fisiknya.

Jika GAC adalah berbentuk butiran, maka CTO adalah berbentuk Solid Cylinder Block, secara teknis sebenarnya awalnya ya karbon yang dihaluskan tapi kemudian disatukan kembali dan dipadatkan sehingga menjadi Solid Carbon Block. Anda bisa cari di YouTube bagaimana proses pembuatan Karbon Aktif dan CTO. Biasanya produsen CTO adalah produsen spesialis yang menggunakan bahan Granular Activated Carbon dari produsen lain yang memproduksi Karbon Aktif dari awal.

 

Mana yang Lebih Baik ?

Well, agak gimana gitu ya jika langsung ditanyakan mana yang lebih baik 😀

Sebenarnya keduanya adalah variasi teknologi saja yang mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, toh fungsi utamanya sama persis yang sudah saya katakan sebelumnya.

Meski dibuat dari material yang sama, namun karena berbeda teknologi pembuatannya atau lebih tepatnya wujud fisiknya, maka tentu ada bedanya.

Perbedaannya ada pada Optimasi dan Filtrasi.

Maksudnya, ketika sebuah butiran halus dipadatkan, maka akan membentuk satu blok utuh yang memiliki kerapatan yang sangat rapat hingga 5 Micron !

Tapi CTO bukan berarti bisa menggantikan Sediment Filter, jika Anda hanya menggunakan satu buah Filter Housing yang hanya menggunakan CTO saja, bisa dipastikan CTO tersebut akan mampet lebih cepat 😀

Sebenarnya, semua media filtrasi yang digunakan pada sistem Whole House Water Filtering ya berfungsi sebagai Filter (Penyaring), kan ?

Jika Sediment Filter hanya berfungsi menyaring sedimentasi bebatuan berupa pasir, tanah, lumpur, dsb saja, maka Greensand (Pasir Aktif) memiliki fungsi Sediment Filter itu namun lebih dari itu dia bisa mengoksidasi senyawa besi, mangan, dan hidrogen sulfida agar bisa tersaring oleh pasir di dalam Cartridge, nah begitu juga GAC dan CTO dia sejatinya ya menyaring juga namun fokus menyaring senyawa polutan, bahan kimia, dsb yang mempengaruhi rasa dan aroma (Bau) pada air.

Semua media filtrasi memiliki batasan, Greensand tidak bisa melakukan apa yang bisa dilakukan Activated Carbon, begitu juga sebaliknya.

Kelebihan CTO yang justru lebih saya tonjolkan disini adalah Optimasi dalam Penyerapan senyawa yang mempengaruhi rasa dan aroma air, karena bentuknya yang Solid memungkinkan air lebih lama mengenai media filtrasi Karbon Aktif dan kerapatannya yang lebih rapat memungkinkan lebih banyak senyawa itu yang bisa disaring.

 

Konsekuensinya ?

Tentu saja ada, bisa ditebak secara teori dan dibuktikan dengan praktek, yakni mengurangi tekanan air dan membebani kerja mesin pompa air 😀

Dan, CTO lebih mudah/cepat Clogging/Tersumbat/Macet/Buntu 😀

Itulah kenapa CTO biasanya diletakkan di step paling akhir dari semuanya.

 

Nah GAC mengatasi kekurangan itu, seperti CTO yang mengatasi kekurangan GAC dalam hal Optimasi dan Filtrasi, yakni GAC tidak sesignifikan CTO dalam mengurangi tekanan air dan GAC lebih tahan lama masa pakainya hingga terjadi Clogging.

Tapi sobat mesti hati-hati, ada Cartridge GAC abal-abal yang menggunakan ukuran granular terlalu kecil sehingga pada Cartrdige tersebut diisi lagi oleh Sediment Filter di setiap ujung Cartridge-nya, maka GAC seperti itu akan lebih cepat mampet daripada CTO sekalipun !

 

Ada Banyak Yang Menggunakan Keduanya Sekaligus

Ini banyak saya temui di lapangan, dimana banyak orang yang sudah menggunakan GAC namun di step selanjutnya dia menggunakan CTO lagi sebagai “Finishing”.

Padahal GAC dan CTO itu fungsinya ya sama saja.

Apakah itu salah ?

Jangan terlalu cepat menilai 😀

Siapa tau memang kebutuhannya mengharuskan demikian, yakni kualitas air memang rasanya tidak enak dan baunya lebih tidak enak lagi. Sehingga harus dilakukan filtrasi menggunakan CTO agar optimal namun agar CTO tidak cepat buntu, maka digunakanlah GAC sebelum CTO.

Konsep ini sama seperti ketika kita mengalami problem air yang kandungan sediment-nya naudzubillah 😀

Sehingga harus menggunakan beberapa Sediment Filter dengan ukuran kerapatan yang berbeda, dari yang renggan ke yang lebih rapat, misalnya di step awal menggunakan 10 Micron, lalu 5 Micron, lalu kemudian 3 Micron, bahkan sampai 1 Micron.

Ini hanya tentang memperpanjang usia pakai Cartridge dengan Media Filtering yang bekerja lebih optimal tapi lebih mudah tersumbat.

Tentu saja kebutuhan penggunaan “Double Activated Cabon” seperti itu harus memang benar-benar karena kualitas air-nya tidak bisa diperbaiki rasa dan aroma-nya dengan hanya menggunakan GAC saja.

Namun jika dengan menggunakan GAC saja masalah itu teratasi, maka tidak perlu menggunakan CTO.

Jadi, coba atasi dengan menggunakan GAC dulu, baru kemudian jika masih kurang maka tambahkan lagi CTO.

Ingat, semakin banyak penggunaan media filter, semakin berkurang tekanan air yang kita dapatkan, lebih boros listrik, dan memperpendek masa pakai mesin pompa.

Tapi itu sepadan, daripada karena kualitas air yang jelek lantas kesehatan tubuh kita menjadi bermasalah, membeli alat/mesin itu lebih murah daripada memperbaiki kesehatan yang rusak akibat kualitas air yang buruk. Karena buruknya rasa dan aroma pada air itu menandakan ada “Sesuatu” yakni bahan kimia yang larut dalam air dan mempengaruhi air tersebut.

 

Di Online Store saat ini banyak penawaran Paket Whole House Filtering dengan menggunakan Filter Housing 10 Inch, yang umumnya menawarkan 2, 3, dan 4 Step Filtrasi. Itu solusi praktis bagi pembeli yang males riset dulu.

Bukan jumlah Housing yang penting, tapi media filtrasi yang ada di dalamnya !

Misalnya seperti kasus air sumur yang banyak mengandung zat besi, mangan, dan hidrogen sulfida sangat tinggi sampai-sampai harus menggunakan 2 sampai 3 Cartridge Pasir Aktif (Greensand) ukuran 10 Inch.

 

Oh ya, jika rasa dan aroma air tanpa menggunakan GAC sudah tidak terasa, maka cukup gunakan GAC jika ingin memastikan bahwa tidak ada senyawa organic berbahaya pada air yang akan kita minum. Tidak perlu menggunakan CTO, karena CTO hanya solusi untuk kondisi extreme saja 😀

 

Misalnya kualitas air sudah bagus, tidak perlu CTO, bahkan GAC, tapi ingin menggunakan GAC + CTO untuk memastikan yang terbaik ?

Why not ?, nantinya cuma berat di ongkos awal saat membeli Housing dan Media Filtrasi saja kok, justru jika kondisi airnya seperti itu, GAC dan CTO akan sangat-sangat lama masa pakainya 😀

Semua Media Filtrasi itu bagus semuanya karena saling melengkapi kekurangan dari bahan media filtrasi lainnya sehingga kualitas air juga semakin sempurna, semakin pure.

Bahkan untuk penggunaan Otomotif yakni untuk Air Radiator pun ketika air sudah disaring menggunakan Greensand bisa lebih lama hingga menyebabkan korosi yang diakibatkan zat besi di dalam air yang ciri utamanya adalah karat dan endapan berwarna jingga/orange tidak terjadi.

Tapi tidak sepenuhnya aman karena ada mineral lain yang tidak aman untuk sistem radiator, itulah kenapa dibutuhkan aditif inhibitor dan demineral water menggunakan Resin Cation dan Anion.

Kita disini bicara air untuk kebutuhan konsumsi, karena mineral pada air dalam jumlah yang ideal adalah merupakan asupan mineral esensial yang dibutuhkan untuk tubuh kita, contohnya zat besi pada air bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, namun jika kadarnya sudah banyak maka bisa mengiritasi sistem pencernaan kita dan menyebabkan peralatan kamar mandi seperti bak mandi, bahkan dinding dan lantas menjadi “Rusty” 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified