L

Mengenai Hater dan Cara Terbaik Menyikapinya


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Spam

Kali ini saya akan membahas tentang “Hater”, saya tertarik membahasnya, karena ternyata, saya juga punya hater 😀

Siapa yang tidak kenal istilah “Hater” ?, karena memang sudah sunnatullah bahwa setiap apa pun pasti berpasang-pasangan, ada Fans, tentu ada Hater.

Hater itu kalau menurut saya sih adalah invidivdu atau sekelompok orang dengan minat unik terhadap objek yang dia benci, yakni khusus mencari-cari kesalahan dan kejelekan saja. Intinya kebalikan dari Fans.

Dan keberadaan hater tersebut memang wajar adanya, dan harus diterima apa adanya juga.

 

Hater Seperti “Bug Report”

Dalam proses development atau pengembangan sebuah software, tentu tidak ada yang sempurna, bahkan ketika pihak developer menyatakan versi yang dirilis sudah stable version pun, tetap ada saja bug atau kesalahan yang ditemukan dikemudian hari, dan untuk mengetahui bug tersebut, ada yang namanya “Bug Report” yang sesuai namanya adalah opsi untuk melaporkan bug tersebut kepada developer.

Nah manusia juga sama seperti software, yakni selalu dalam tahap development, manusia terlahir membawa potensi nafsu dan taqwa, ketika Fujur dan Ruh bersatu, sehingga membentuk sesuatu yang baru yakni Nafs (Jiwa).

Artinya, manusia sangat rentan berpotensi melakukan kesalahan dari dia lahir, sampai dia mati.

Pengalaman, ilmu pengetahuan, tuntunan agama, dsb menjadi pokok penting dalam development individu manusia.

Saya pun manusia, maka saya tak luput dari tahap development tersebut. Saya sangat berpotensi salah, namanya juga manusia 😀

Masalahnya, kesalahan tersebut bisa menjadi kebiasaan sehingga meskipun sudah tau itu salah, maka tetap ada kecenderungan melakukan kesalahan itu lagi, apalagi manusia memang mudah lupa, tapi ketika ada yang mengingatkan berupa teguran dan dengan adanya tekat untuk memperbaiki kesalahan semakin besar, maka kesalahan tersebut berangsur-angsur akan berkurang, meskipun hanya sedikit demi sedikit.

Uniknya, berkat hater tersebut, saya jadi lebih mengenal kekurangan dan kesalahan saya di publik yakni di blog ini, karena para hater tersebut sudah seperti “Bug Tracker” pada sebuah Software. Mereka sangat detil sekali, bahkan ketika saya sudah berubah menjadi lebih baik namun masih “Agak” atau “Sedikit” saja menurut mereka, saya tetap dikritik, dan itu menjadi tambahan semangat untuk saya untuk jauh lebih baik lagi.

Beberapa artikel di blog saya ini berhasil saya revisi menjadi lebih baik lagi dan lebih santun lagi berkat para hater tersebut. Karena saya yakin, hater ada karena kelakuan saya juga yang memang salah, hanya saja memang hater ini dia teliti banget, tidak mentoleransi kesalahan sekecil apa pun, sangat perfectionis dan idealis terhadap saya, pokoknya menginginkan yang terbaik untuk saya.

Seringkali hater tidak menyadari bahwa objek yang dia benci itu adalah manusia yang sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai kekurangan manusia.

Saya jadi tau salahnya saya itu dimana pada artikel-artikel yang saya buat justru karena sindiran pedas para hater, mereka selalu memberikan saya feedback membangun dengan apa adanya dan blak-blakan tapi khusus untuk kejelekan-kejelekan dan kesalahan-kesalahan saya saja, karena untuk feedback berupa pujian, kritik dan saran yang santun, ucapan terimakasih, dsb ada yang lain lagi yang memberikan itu, yakni Fans, ternyata saya juga punya Fans 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified