L

Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di EZ Flash


Bismillahirrohmanirrohim


Kesimpulan

EZ Flash adalah tool yang sangat baik untuk urusan flashing BIOS, hanya saja ada syarat-syaratnya agar partisi bisa dibaca olehnya, antara lain:

  1. File System harus FAT32/FAT (FAT16). Kalau menggunakan Flashdisk, ini bukan masalah, karena memang sudah demikian.
  2. Kapasitas Partisi maksimal 8GB. Kalau kapasitas Fashdisk lebih dari 8GB, kurangi kapasitasnya menggunakan software Partition Manager misalnya menggunakaan MiniTool Partition Wizard.
  3. Jumlah partisi pada Flashdisk harus Single Partition/1 Partisi. Jika kondisinya seperti Point No.  2, maka sisa kapasitas setelah dikurangi jangan dibuat partisi lagi, biarkan saja menjadi unallocated space.
  4. Menggunakan Partition Table GPT. Ini bisa dilakukan menggunakan software Partition Manager, pada fitur Convert MBR to GPT.

Disarankan untuk menggunakan USB 3 Port ketika memasang Flashdisk, meskipun Flashdisk cuma USB 2.

Dan baterai harus dalam kapasitas yang memadai, misal 50% ke atas, kalau bisa sih 100%, serta memasang Power Adaptor/Charger saat proses flashing.

Jangan matikan paksa ketika proses flashing berlangsung !

Ada baiknya jika sudah selesai, partition table pada Flashdisk dikembalikan lagi menjadi MBR agar bisa digunakan pada PC lama yang belum UEFI.

 

Semoga Bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified