L

Cara Memperbaiki Masalah SOFn, DQT, or DHT JEPG Marker is Missing untuk Banyak File Gambar Sekaligus


Bismillahirrohmanirrohim


Adobe Photoshop Error Missing Marker

Teman saya yang punya usaha studio dan editing foto mengeluhkan masalah ketika client-nya mengirimkan file gambar melalui Whatsapp, ketika file itu dibuka di Adobe Photoshop, ternyata error seperti gambar di atas.

“Could not complete your request because a SOFn, DQT, or DHT JPEG marker is missing before a JPEG SOS marker”

Begitu pesan errornya !

Memang sudah ada solusinya, yakni buka saja file gambar tersebut di MS Paint, atau di software image editing lainnya yang bisa membuka file tersebut, lalu klik Save.

Iya, simple, tapi gimana kalau jumlah filenya ada banyak ?, puluhan, ratusan, ribuan ?

Nah disinilah perlu yang namanya software yang bisa melakukan itu semua secara sekaligus, istilahnya “Batch/Bulk Process”.

Alhamdulillah, ada seorang programmer dengan nick name 0xSauel yang berbaik hati membuatkan software simple untuk mengotomatisasi prosedur sederhana tersebut.

Software/Program/Aplikasi/Tool tersebut diberi nama “JPEG Marker Repair”.

JPEG Marker Repair

Anda bisa mendapatkannya secara gratis disini.

Klik tombol download di bagian bawah halaman tersebut.

Tool ini sangat mudah untuk digunakan, ada baiknya saya berikan step by stepnya di artikel ini.

  1. Jalankan aplikasinya.
  2. Klik Choose Folder.
  3. Centang file yang rusak, jangan centang file yang tidak rusak.
  4. Klik tombol Repair.
  5. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Software ini sudah lumayan lama sih, sekitar tahun 2018, dan belum ada update berarti.

Tapi setidaknya bisa digunakan, kan ?

 

Memang ada satu yang masih “mengganggu”, yakni pakai opsi Choose Folder yang menambahkan seluruh file di dalam folder, bukan opsi Add File yang hanya menambahkan file yang kita pilih saja.

Kalau saja ada opsi add file yang menambahkan file berdasarkan pilihan kita saja, itu lebih baik, jadi bukannya memasukkan semua file dalam satu folder lalu pemilihannya menggunakan Checklist.

Masalahnya jika terlanjur mengklik salah satu file di dalam folder, maka tombol Select Folder tidak bisa diklik, Anda harus menghapus nama file di kolom File Name.

Tapi tenang saja, aplikasi ini hanya khusus mendeteksi file JPEG/JPG saja kok, kalau mau simple sih Add saja Folder berisi foto yang rusak atau tidak, dan repair saja semuanya sekaligus, hal itu tidak akan mempengaruhi apa pun, karena tool ini cuma mengubah meta data pada file saja.

Oh ya, software ini belum bisa membuka folder dari netrowk sharing storage ya, jadi filenya harus dipindahkan ke local disk dulu.

 

Setidaknya ini jadi solusi terbaik saat ini, karena sampai artikel ini saya tulis, belum ada software converter atau repair tool lainnya untuk mengatasi masalah ini.

 

Jika pembaca sekalian punya opsi lain yang lebih baik, mohon untuk share ke saya lewat form komentar dibawah artikel ini.

 

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified