L

Ganti CVT Grease ?, Jangan Dibersihkan dengan Bensin !


Bismillahirrohmanirrohim


CVT Overhaul

Assalamu’alaikum sob 🙂

Sudah lama ya sepertinya saya tidak update artikel mengenai Otomotif di Blog saya ini, khususnya Motor Matic 😀

Yah, seperti Tagline Blog ini, “Learning by Doing”, maka saya cenderung “Sharing What I Doing” 😀

 

Akhir-akhir ini saya bergelut dengan Development Blog ini sendiri sob, dalam hal ini mengenai “Hunting” Web Hosting, dan tetek bengeknya.

Yah mengingat Blog itu adalah Log/Catatan saya, maka yang seperti itu meski minat pembacanya kurang banyak, tetap saja Passion saya untuk Share/Menulis-nya lebih semangat sob 😀

 

Oke, sebagai informasi saja ya sob, kalau mau ngebersihin CVT Grease saat ingin menggantinya, maka jangan pernah dibersihkan menggunakan Bensin atau Fluida Solvent lainnya yang bisa melarutkan Pelumas/Grease, seperti Penetrant dan Acetone (Carb/TB Cleaner), dsb

Informasi ini khusus untuk DIY Mania dan Teknisi yang menghandle Perawatan CVT sendiri.

 

Kenapa ?

Selain karena di Secondary Sheave terdapat komponen yang terbuat dari Karet (Rubber) yakni Seal-seal dan O-Ring (sudah tau kan Karet benci Solvent ?), juga karena pada Secondary Sheave terdapat Ball Bearing yang terbungkus Rubber Seal bawaan-nya yang mana dibawahnya juga ada Grease bawaan-nya.

Ball Bearing

Ball Bearing

Nah masalahnya, Ball Bearing di Secondary Sheave itu berjenis Single Rubber Seal, hanya bagian yang menghadap ke luar yang dilindungi Rubber Seal, sedangkan bagian dalam tidak. Bagian dalam itulah yang akan terkena Bensin jika Anda membersihkannya dengan Besin.

Bensin kan Fluida/Ciaran ya sob, jadi bisa mengalir ke celah-celah sempit.

Dari sisi yang tidak terproteksi Rubber Seal itu, masuklah Bensin kebagian dalam Ball Bearing yang mengandung Grease bawaan saat perakitan di Pabriknya. Posisi Grease itu tepat di sisi yang dilindungi dengan Rubber Seal. Maka Grease itu akan rusak, dan proses menggantinya tidak mudah.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified