L

Tutorial Cara Menerapkan Custom Hostname pada CDN CloudFlare dengan Subdomain


Bismillahirrohmanirrohim


Untuk mempersingkat Artikel ini, silahkan diterjemahkan sendiri jika tidak mengerti Bahasa Inggris, gunakan Google Translate 😀

Salah satu kelemahan CDN dari CloudFlare adalah Ukuran File yang mampu dicache dan Format File yang mampu dicache juga terbatas, bukan tidak mampu, tapi ya namanya juga Gratisan 😀

Tapi untuk kebutuhan Website seperti Blog, Format yang didukung sudah lebih dari cukup kok 🙂

 

Mengenai CloudFlare yang menawarkan Free Unmetered CDN sudah kita bahas, kemudian kita akan membahas inti bahasan dari Artikel ini, yakni:

 

Memungkinakan CDN dari CloudFlare Berfungsi Seperti CDN Berbayar Lain yakni Menggunakan Hostname Berupa Subdomain

Perlu saya definisikan apa itu Sub-domain. Subdomain adalah semua karakter huruf dan angka yang ditulis sebelum titik pertama pada Domain Name. Contoh: cdn.lukmanulhakim.id

Itulah kenapa disebut “Sub”.

Sedangkan semua karakter huruf dan angka yang ditulis setelah titik terakhir adalah Domain Extension. Contoh: .id, .com, .net

Subdomain dalam hal ini adalah Fitur dari cPanel pada Web Hosting, dan memang, inti bahasan disini adalah menggunakan Sub-domain sebagai Hostname untuk CDN dari CloudFlare.

 

Ada 2 Opsi atau Metode disini yang ingin saya share, yakni:

Menggunakan Fitur Alias di cPanel

Biasa disebut juga Parked Domain.

Di cPanel, terdapat fitur Alias yang sangat mudah penggunaannya, tinggal buat Alias Domain yang kita inginkan, kita tidak perlu menentukan Directory lagi karena secara otomatis directory yang digunakan adalah ~/public_html.

Kelebihan Menggunakan Alias adalah, kita bisa membuat Hostname untuk CDN ini tidak sekedar Subdomain saja, melainkan bisa juga Domain lain. Contoh: al-hakim.id

Bahkan dari situ masih bisa dibuat lagi Subdomain-nya. Contoh: lukman.al-hakim.id

Tapi sebenarnya kita bisa menambahkan Subdomain sebagai Alias, karena Alias ini umum sekali yang pada intinya adalah mengarahkan Hostname apa pun ke Directory ~/public_html.

Cara ini lebih mudah daripada menggunakan Fitur Subdomain di cPanel. Zone DNS pun akan dibuatkan khusus, tidak bercampur dengan Domain utama seperti kita menggunakan Fitur Subdomain di cPanel.

Kekurangan Menggunakan Alias adalah, biasanya pada Provider Web Hosting tertentu, Alias dan Addon Domain tidak diberikan, atau batasannya sangat sedikit sekali.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified