L

Inilah Cara Pasang Ozone Generator pada Alat Depot Air Minum Isi Ulang


Bismillahirrohmanirrohim


Ozone Generator on Display

Hari gini Depot Air Minum Isi Ulang tidak pakai Ozone ?, sayang banget !

Begini sob, dalam industri besar AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) setidaknya sudah menggunakan teknologi Ozone untuk sterilisasi.

Memang untuk skala besar seperti itu alatnya juga mahal, tapi untuk skala kecil sampai menengah sepert Depot Air Minum Isi Ulang kita bisa terapkan teknologi Ozone dengan biaya yang relatif terjangkau. Saran saya sih beli yang menggunakan teknologi Corona Discharge, bukan yang UV (Ultra Violet), perlu diketahui bahwa UV juga bisa memproduksi Ozone, yakni ketika sinar UV mengenai molekul Oksigen di udara, makanya bentuk Ozone Generator berteknologi UV sama persis seperti UV Water Sterilizer, bedanya untuk inlet dan outletnya lebih kecil, karena hanya untuk mengalirkan udara saja.

Dengan menggunakan Ozone Generator berteknologi Corona Discharge kita bisa dapatkan kapasitas yang sama di range harga yang jauh berbeda dibandingkan Ozone Generator berteknologi UV.

Misalnya, kalau Ozone Generator berteknologi Corona Discharge kita bisa dapatkan kapasitas 3500 mg/h dengan harga 400rb’an, sedangkan jika Ozone Generator berteknologi UV harganya bisa di atas 1 jutaan cuma untuk kapasitas 400 mg/h !

Disini saya tidak akan membahas lebih dalam mengenai Ozone dan Ozone Generator, tapi disini saya akan fokus berbagi cara penerapannya pada instalasi Water Treatment yang kita gunakan.

Penerapan paling umum dalam pencampuran/mixing air dengan zat tambahan lainnya secara simultan dalam satu aliran adalah dengan menggunakan Venturi Injector.

Venturi Injector

Dapat kan kata kuncinya ? 😀

Mengenai instalasinya, dan segala sesuatunya tentang Venturi Injector sialahkan dicari sendiri 😀

Disini saya hanya memberikan clue saja dan tips saja.

Harga Venturi Injector cukup murah sekitar 60rb’an. Hati-hati karena saya lihat ada beberapa penjualan yang ngasih harga tidak masuk akal, terlalu mahal untuk alat ini.

Kita bisa dapatkan dari penjual lokal di Indonesia, tidak perlu jauh-jauh beli alat ini dari penjual di luar negri misal dari china sana.

Sebaiknya gunakan ukuran sesuai ukuran pipa, misal jika menggunakan pipa 3/4″ maka gunakan juga Venturi Injector 3/4″.

Pemasangan yang direkomendasikan adalah setelah UV Water Sterilizer, tujuannya agar memaksimalkan sterilisasi dari UV Water Sterilizer.

Karena Ozone mampu membunuh kuman sampai mati, dan masih banyak lagi manfaat Ozone lainnya.

Memang UV Water Sterilizer bisa membunuh kuman sampai mati, tapi besar kemungkinan cuma merusak DNA micro-organisme sehingga tidak bisa berreproduksi/berkembang biak menggandakan diri saja.

Disitulah pentingnya penerapan Ozone pada tahapan akhir, agar proses sterilisasi air minum menjadi maksimal.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

 


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified