L

Rahasia Cara Mengganti Shortname Disqus Comment System


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Disqus Comment System

Sebelumnya saya sempat sedih dan kecewa karena seluruh komentar di Blog saya ini tidak bisa dipindahkan ke Shortname baru di Disqus. Sehingga seluruh komentar di Blog saya hilang dari Disqus Comment System.

Saya memang masih bisa tenang karena pada dasarnya seluruh komentar itu masih tersimpan rapi di Database WordPress saya di Server, sehingga secara teknik saya tidak kehilangan seluruh komentar itu.

Jadi kekecewaan itu lebih tepatnya adalah kecewa karena saya harus dihadapkan pada dua pilihan, yakni apakah saya mempertahankan menggunakan Disqus tapi seluruh komentar lama tidak tampil di artikel bersangkutan, atau saya meninggalkan Disqus sehingga seluruh komentar tersebut muncul di artikel bersangkutan.

Pilihan yang sulit, dan saya lebih condong ke pilihan pertama, yakni merelakan seluruh komentar lama itu tersembunyi namun masih ada, asalkan saya masih bisa menggunakan Disqus, dan mulai move on kedepannya menampilkan komentar-komentar terbaru saja.

Alhamdulillah masalah ini hanya berlangsung kurang lebih satu hari saja, meski saya harus bad mood seharian ini 😀

Baru segitu saja saya sudah bad mood, apalagi jika kehilangan seluruh komentar secara permanent ?, padahal komentar adalah salah satu yang saya idam-idamkan dari aktivitas ngeblog saya ini dari dulu.

 

Awal Mula Masalah

Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan kronologisnya bagaimana, intinya adalah saya ingin mengganti Shortname Disqus Comment System karena saya sudah tidak suka dengan Shortname yang lama 😀

Simple kan ?

Dan saya yakin, Anda yang sampai ke artikel ini juga menginginkan hal yang sama 🙂

 

Apa Itu Shortname ?

Singkatnya sih, Shortname itu adalah Appliance kita di Disqus Comment System, yang mana disitulah “Rumah” kita di Disqus, yang mewakili Website kita.

Shortname ini bisa dikatakan adalah Situs kita di Disqus, sama seperti ketika kita membuat Blog di wordpress.com. Shortname inilah yang menyimpan semua informasi Disqus untuk Website kita, termasuk di dalamnya ya seluruh komentar yang ada di Website kita.

Shortname pada Disqus juga merupakan Subdomain *.disqus.com, misalnya lukmanul.disqus.com itu adalah Shortname baru milik saya untuk Blog ini.

Sebelumnya, Shortname untuk Blog ini adalah luqmanulhackim.disqus.com, dan saya sudah tidak ingin menggunakannya.

Meski Shortname ini pada Website hanya kelihatan pada bagian Back End saja yakni di WordPress Dashboard, tapi tetap saja membuat saya risih karena saya bisa melihatnya dengan mudah 😀

 

Bagaimana Mengganti Shortname ?

Pada dasarnya, Shortname ini bersifat permanent, dibuat pertamakali pada saat Anda membuat Site di Disqus, sehingga secara resmi Shortname ini tidak bisa diganti begitu saja seperti kita mengganti Username.

Ya, di Disqus kita bisa mengganti Username kita, tapi tidak untuk Shortname kita.

Tapi sesuai artikel ini, saya akan menunjukkan Unofficial Procedure bagaimana cara mengganti Shotname Disqus.

Konsepnya adalah: Buat Shortname Baru →Export Data dari Shortname Lama→ Import Data dari Shortname Lama ke Shortname Baru → Integrasikan Shortname Baru ke Website

Jadi perlu diperhatikan disini bahwa tidak bisa melakukan migrasi data dari Shortname Lama ke Shortname Baru melalui Disqus, karena itu sebelumnya harus dilakukan Import dulu dari Disqus ke Database WordPress di Local Server, agar seluruh komentar tersingkonasi dengan baik.

 

Saya tidak akan menjelaskan step by step-nya, karena begitu banyak sumber yang membahas mengenai itu, bahkan dari pihak Disqus sendiri, coba cari 😀

Konsep diatas itu sudah merupakan jawaban dari pertanyaan semua orang pengguna Disqus “Apakah Bisa Mengganti Shortname ?”

Jawabnya: “Ya, bisa, tapi bukan mengganti Shortname, lebih tepatnya adalah migrasi Shortname !”

Buat Shortname Baru, pindahkan Data dari Shortname Lama ke Shortname Baru menggunakan Tool Import/Export, beres !

 

Disini saya hanya memberikan Tips dan Troubleshooting saja 😀

Sebagai pelengkap dari artikel sebelumnya yang sudah saya berikan Tag [Teratasi], disinilah Troubleshooting-nya.

Saya yakin semua orang bisa membuat Shortname baru dan melakukan Import/Export, tapi yang menjadi masalah, kok error ?, kok tidak muncul komentar-komentar di Shortname Lama di Shortname Baru ?, Kok hanya sedikit komentar dan thread yang termigrasikan ?

 

Troubleshooting

Solusinya adalah, jangan gunakan fungsi Export di Plugin Disqus di WordPress !

Mungkin ada yang melakukan cara saya sebelumnya yakni mereset Plugin Disqus agar bisa Login dan beralih ke Shortname Baru, kemudian melakukan Export di Plugin Disqus tersebut agar seluruh komentar yang ada di Database WordPress di Local Server masuk ke Disqus Comment System.

Tapi ternyata tidak !

Hal itu tidak berfungsi sama sekali, karena ada Bug atau masalah di sistem Export/Import Disqus yang mana tidak bisa mengimport komentar dari artikel yang statusnya tidak published.

Jadi, di WordPress Dashboard itu kan kita bisa melihat seluruh komentar yang masuk, meskipun dari artikel yang statusnya sudah kita ubah menjadi Draft dan Pending Review.

Nah komentar yang ada pada Draft atau Pending Review itu penyebab masalahnya, Disqus akan melakukan validasi akan eksistensi artikel yang berkaitan dengan komentar yang akan diimport, jika tidak ada, maka tidak akan bisa diimport.

Dan juga Disqus sangat sensitif dengan kode XML di file hasil Export itu !

 

Untuk bisa memigrasikan semua komentar di dari WordPress di Local Server ke Disqus, kita harus mengimportnya secara manual menggunakan Exporter Tool bawaan WordPress.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah yang Anda Expoert hanya Post saja, jangan semua konten.

Dan pada Opsi yang ada, pilihlah ketentuan dibawah ini:

  1. Kategori pilih Semua.
  2. Penulis pilih Semua, tapi jika hanya Anda sebagai Penulis tunggal, pilihkan Username Anda saja.
  3. Tanggal Mulai pilih Bulan dan Tahun terlama.
  4. Tanggal Akhir pilih Bulan dan Tahun terbaru.
  5. Status, nah ini yang menjadi akar masalah pada proses Import seperti yang sudah saja jelaskan diatas, maka pilihlah Telah Terbit atau Published saja, jangan semua !

Kemudian Exportlah dan nanti akan menghasilkan file berekstensi .xml yang disebut WXR (WordPress eXtended RSS). Banyak yang bingung, mengira WXR itu format file 😀

Kemudian Importlah file .xml tadi ke Shortname Baru yang sudah Anda buat.

Saran saya, hapus dulu Shortname Lama agar tidak terjadi Duplikasi Konten, yang mana itu terlarang di Disqus.

Proses Import sangat-sangat cepat karena berlangsung secara online antara Server Disqus dengan Server kita.

Anda bisa melihat prosesnya di https://import.disqus.com/shortname (Ganti Shortname dengan Shortname Baru milik Anda tanpa .disqus.com).

Proses Import ini juga akan diinformasikan via Email saat proses Import dimulai hingga proses Import sudah selesai, jadi tenang saja 😀

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui form Disqus Comment System dibawah artikel ini. Soalnya saya sengaja bikin artikel tidak terlalu jelas “Terang benderang” karena selain membutuhkan resource yang tidak sedikit, juga yang seperti itu menyebabkan saya seperti ngomong panjang lebar dan detail ke tembok, bukan ke manusia yang punya pikiran, dan tangan untuk mengetik komentar. Meski tidak mendapatkan komentar ucapan terimakasih, minimal mendapatkan komentar berupa pertanyaan 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified