L

Tips Ampuh Cara Menggunakan Ryzen DRAM Calculator untuk Manual Overclocking RAM di Platform AMD Ryzen


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Platform AMD Ryzen ini sejak generasi ke dua alias Zen+ seharusnya sudah tidak rewel lagi soal memory, dan memang benar adanya, tidak seperti pada generasi pertama. Bahkan mulai generasi ketiga, AMD Ryzen sudah mampu berjalan di kecepatan tinggi dengan mudah, hanya saja Write Copy-nya disunat jadi setengah pada varian dibawah Ryzen 9 akibat desain Chiplet yang diterapkan di Zen2, tapi praktik di real life sepertinya tidak berpengaruh negatif karena CPU Cache yang diperbesar, angka Write Copy yg kecil hanya terlihat pada software benchmark AIDA64 saja.

Tapi ada satu hal yang sebenarnya dan seharusnya ditujukan pada platform Intel tapi seolah dipaksakan di platform AMD, yakni Intel XMP (Xtreme Memory Profile).

Sebenarnya AMD juga punya yakni AMP (AMD Memory Profile), tapi sangat jarang sekali vendor memory yang secara spesifik mengoptimasi dan memvalidasi dan mensertifikasikan bahwa memory-nya mendukung AMP, justru vendor motherboard yang memasukkan fitur Intel XMP di motherboard untuk platform AMD. Maka jika pun ada, mereka tetap pakai XMP, tapi value konfigurasinya sudah tested and validate untuk platform AMD Ryzen, dan harganya mahal.

Untuk memastikan bahwa XMP berjalan di platform AMD, maka penting untuk melihat Memory QVL (Qualified Vendor List) yang dirilis oleh vendor motherboard yang Anda gunakan, diluar QVL ?, tidak dijamin, tapi bukan berarti potensi RAM tersebut mutlak tidak bisa dimanfaatkan.

Bahkan ada Memory QVL yang tidak cuma validasi XMP berjalan sesuai label yang diiklankan vendor memory, tapi juga memuat informasi frekuensi/kecepatan stabil tertinggi yang bisa didapatkan ketika melakukan manual overclock.

Tapi kadang Memory QVL juga tidak diperbaharui mengikuti perkembangan CPU yang didukung oleh motherboard bersangkutan, jangan kecewa jika melihat Memory QVL dari motherboard Anda mentok 3200Mhz padahal secara resmi motherboard tersebut mendukung AMD Ryzen Gen3 yang standard sweet spot-nya saja sudah di angka kecepatan 3600Mhz.

 

Ryzen DRAM Calculator Solusi XMP Profile Manual

Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa tidak semua konfigurasi yang tersimpan di XMP Profile pada RAM bisa berjalan, karena itu tergantung testing dan validasi yang dilakukan oleh vendor RAM dan vendor Motherboard.

Jika Anda menggunakan RAM diluar Memory QVL, maka ada solusi untuk mengkalkulasikan konfigurasi yang tepat.

Bahkan sebenarnya, walaupun XMP Profile bisa berjalan, kita tidak mendapatkan potensi kecepatan yang optimized untuk platform AMD Ryzen.

Jalan sih, tapi tidak optimal !

Nah itulah konsekuensi menerapkan standard milik Intel di platform AMD 😀

Tujuan penggunaan XMP Profile ya sesuai namanya, untuk memudahkan saja, user tinggal enable saja, beres. Apalagi kita tau sendiri bahwa di platform Intel lebih banyak varian CPU dan Chipset yang Locked, tidak memiliki fitur Manual Overlocking, itulah sebabnya XMP Profile diperlukan, karena user tidak bisa mengubah konfigurasi RAM secara manual sesuka hatinya.

Saya pernah loh melakukan Manual Overclocking pada memory murah tanpa XMP Profile, dari kecepatan SPD/JEDEG Standard 3400Mhz saya OC jadi 3200Mhz stabil 😀

Bagi pengguna platform AMD Ryzen yang semua varian CPU-nya sudah Unlocked dan mayoritas Motherboard-nya juga mendukung kemampuan Manual Overlocking, maka fitur XMP Profile pada RAM hanya sebuah indikator rating dari modul memory yang kita beli saja, sebagai jaminan bahwa IC-nya memang sudah binned dan dijamin berjalan di kecepatan sesuai ratingnya jika dikonfigurasi dengan tepat.

Nah konfigurasi yang tepat itulah yang bisa kita dapatkan dari aplikasi portable bernama Ryzen DRAM Calculator by 1usmus.

Jangan salah, jika Anda asal-asalan dalam mengkonfigurasi RAM, dia tidak akan berjalan stabil, bahkan untuk booting saja tidak bisa.

Bahkan, DRAM Voltage yang selisih 0.010V saja bisa menyebabkan ketidakstabilan !

Misalnya IC tersebut hanya stabil jika berjalan di 1.400V, lalu Anda main asal gampangnya aja sejak awal set ke 1.450V, maka Anda tidak akan mengacaukan segalanya.

Saya pernah ngurut per 0.010V, selisih segitu saja, RAM menjadi tidak stabil, jadi memang harus tepat !


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified