L

Pengalaman Beralih dari Gas LPG Melon 3 Kg Bersubsidi ke Bright Gas 5.5 Kg Non-subsidi


Bismillahirrohmanirrohim


Lantas apa yang kita dapatkan dari harga yang 2x lebih mahal itu ?

  1. Double Spindle Valve
  2. Segel yang lebih terjamin.
  3. Menggunakan liquid gasket pada sambungan valve dengan tabung (yg bersubsidi pakai seal tape pipa air).
  4. Isi yang lebih terjamin.
  5. Ketersediaan yang selalu ada.
  6. Harga stabil dan terstandard (jika order lewat pertamina call center).
  7. Layanan antar (dikenakan ongkos antar sebesar Rp 8000).

Apakah sepadan ?

Well, itu relatif 😀

Faktanya, meski menggunakan Double Spindle Valve, Bright Gas itu masih mengalami masalah klasik gas elpiji yakni ketika regulator dipasangkan, terjadi kebocoran, padahal kondisinya baru.

Masalahnya ?, karena karet seal yang digunakan sama saja dengan yang digunakan pada gas elpiji bersubsidi, menggunakan bahan karet biasa, bukan karet silikon, sebenarnya acak juga sih, kadang juga saya dapat yang bahannya silikon.

Bahkan, pengalaman pertama saya memasang Bright Gas, itu seal karet bawaannya jelek, justru seal karet bawaan gas melon yang bagus, jadi saya tukarkan saja, sungguh first impression yg mengecewakan ya 😀

Tapi saya belum mendapati masalah klasik lainnya yakni meski seal karet sudah bagus tapi masih bocor, itu solusinya adalah dengan mengikatkan karet gelang ke leher valve-nya, akan saya update nanti disini jika saya mengalami masalah itu di bright gas ini, karena ini biasanya relatif tergantung unit yg didapatkan ketika ditukarkan dengan yang sudah direfill.

Tips: Ketika gas sudah habis, sebelum Anda menukarkannya, maka congkel saja karet seal-nya itu, simpan untuk Anda sebagai cadangan 😀

Dulu saya pernah loh mengalami gas bocor dari seal karet itu, padahal sejak awal normal saja ketika dipasang, namun ketika digunakan beberapa hari, tepat jam tengah malam, saya mendengar bunyi mendesis, saya kira itu bunyi radio kehilangan sinyal di kamar di belakang, sehingga saya abaikan saja, karena ada ayah saya yang tidur disitu, ketika saya ke dapur, ternyata bau gas sudah pekat sekali di dapur, untungnya lampu dalam kondisi sudah menyala, sehingga saya bisa langsung saja cabut regulator, dan membuka semua pintu dan jendela.

Bocornya ya dari karet seal itu !, setelah saya ganti, tidak bocor lagi.

Padahal, saya menggunakan regulator berkualitas bagus dengan fitur safety yang lengkap.

Betapa vitalnya peran karet seal itu sob, dan di bright gas non-subsidi ini masalah itu masih ada !

 

Menurut saya, fitur Double Spindle Valve, dan penggunaan Liquid Gasket pada sambungan Valve ke Tabung (Selain bright gas memang pakai seal tape putih yang biasa dipakai di pipa air), serta penggunaan segel yang lebih baik (Segel di tabung gas selain bright gas itu cuma hiasan, tidak berfungsi, karena bisa dilepas tanpa perlu dirusak), itu hanya untuk konsistensi isi gas di dalam bright gas tapi terkesan lebih safety.

Padahal komponen vital ketika gas digunakan adalah karet seal antara valve dengan regulator !

Pada akhirnya, satu-satunya yang bisa saya andalkan dari bright gas adalah isinya beneran gas 5.5 kg, tidak dioplos, tidak dikurangi, tidak terkurangi karena kebocoran halus, dsb hingga sampai ke tangan saya dan digunakan di dapur.

Jujur saja, saya sering dapat gas melon 3 kg yang isinya tidak sesuai spesifikasi, entah karena kebocoran halus sehingga sedikit demi sedikit isinya berkurang ketika disimpan di agen/pangkalan, atau memang dipalsukan/dioplos oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Oh ya, segel di bright gas itu selain lebih bagus, lebih terjamin, tidak bisa dibuka tanpa dirusak (seperti segel di gas melon 3 kg), juga segel di bright gas itu mudah sekali disobek, mudah dibuka, dan sekali disobek, sticker hologramnya juga ikutan rusak. Ya ini salah satu hal yang saya bayar lebih di bright gas 😀

Dewaweb - Cloud Hosting Terbaik !

Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



WordPress Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *