L

Pengalaman Beralih dari Gas LPG Melon 3 Kg Bersubsidi ke Bright Gas 5.5 Kg Non-subsidi


Bismillahirrohmanirrohim


Saya adalah pengguna bensin non-subsidi untuk kendaraan saya, minimal banget itu Pertalite, biasanya Pertamax, tapi saya tidak akan ngisi Premium kecuali di rural area dimana SPBU tidak ada dan penjual bensin eceran tidak menjual bensin non-subsidi.

Tapi, selisih harga bensin tidaklah tinggi, berbeda dengan gas yang lebih dari 2x lipat antara bersubsidi dan non-subsidi.

Padahal, gas bersubsidi maupun non-subsidi itu kandungan isinya sama loh, tidak ada aditif apa pun.

Mari berhitung sederhana…

Di desa saya, harga pasaran isi ulang gas elpiji 3 kg bersubsidi adalah Rp 20.000, itu adalah harga di pangkalan, sedangkan harga di eceran, hmmm,,, bisa sampai Rp 38.000, bahkan lebih !

Sedangkan harga pasaran isi ulang bright gas 5.5 kg non-subsidi adalah Rp 75.000 – Rp 80.000 (harga di outlet/eceran, harga di agent Rp 70.000).

Cara menghitung harganya agar setara adalah sebagai berikut:

(Rp 80.000 / 5.5) x 3 = Rp 43.636

(Rp 70.000 / 5.5) x 3 = Rp 38.181

Harga di atas adalah untuk harga per 3 Kg-nya.

Jika beli di agen, harganya sama seperti harga gas elpiji 3 kg bersubsidi di eceran kan ?, masalahnya agen ini punya perasaan “gk enak” sama pangkalan/outlet di bawah mereka, ini yang bikin harga jadi lebih tinggi, karena jadi melewati “tangan” lain lagi 1 tingkat dibawah agen yakni pangkalan/outlet. Itulah sebabnya harga isi ulang bright gas 5.5 kg di agen Rp 70.000, di pangkalan bisa sampai Rp 80.000, ya untuk margin keuntungan mereka lah, wajar, buat ngangkut gas kan juga perlu biaya.

Di desa saya, agen gas elpiji selalu tertutup loh, itu mungkin agar orang tidak beli langsung ke agen, tidak seperti pangkalan yang emang selalu terbuka, apalagi eceran 😀

 

Tapi ada cara mendapatkan harga yang lebih murah, yakni order melalui call center resmi pertamina, kita bisa dapat harga standard, masalahnya kita hanya bisa dapatkan itu dengan cara diantar langsung ke rumah, yang artinya kena ongkos antar lagi.

Menurut keterangan agen di tempat saya, sebenarnya harga di mereka lebih mahal, sedangkan harga yang distandardkan pihak Pertamina itu tidak relevant, sehingga pihak Pertamina yang nombokin kekurangan harganya ke pihak agen.

Harga isi ulang bright gas 5.5 kg resmi adalah Rp 69.500 + Ongkos Antar Rp 8000 = Rp 77.500

Kalau disini, harga di agen adalah Rp 70.000, yupz total di atas tambahin aja Rp 500, ini saya maklumi aja, soalnya mungkin ribet pakai nominal kecil logam begitu.

Setidaknya masih lebih murah dari harga di pangkalan kan ?, wajar saja karena itu kita dapat langsung dari agen 😀

Bahkan dengan harga segitu, gas kita langsung diantarkan ke rumah loh, karena memang mustahil bisa langsung datang ke agen untuk beli dan bawa sendiri.

Ada juga cara yang lebih murah lagi yakni di Indomaret, saya dapat harga Rp 74.000, hanya saja kita perlu datang sendiri ke Indomaret membawa tabung kosong untuk ditukarkan dengan yang sudah ada isinya.

Mari kita setarakan harganya dengan gas elpiji melon 3 kg:

(Rp 77.500 / 5.5) x 3 = Rp 42,272

(Rp 74.000 / 5.5) x 3 = Rp 40,363

 

Nah kan, lebih dari 2x lipat dari harga gas 3 kg bersubsidi !

Dewaweb - Cloud Hosting Terbaik !

Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



WordPress Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *