L

Ternyata Inilah Fakta Bedanya Website dengan Blog !


Bismillahirrohmanirrohim


Blogging

Saat ini saya perhatikan masih banyak orang yang masih bingung apa bedanya Website dengan Blog, apalagi saat ini dari Provider Web Hosting sendiri membedakan produk layanan tertentu yang mana mereka menyediakan Layanan Website Builder.

Lantas Apa Bedanya Website Builder dengan CMS (Content Management System) ?

Jadi begini sob 🙂

CMS itu ya seperti WordPress, Joomla, dsb

Sedangkan Website Builder itu ibaratnya adalah Tools semacam CMS tapi hasil akhirnya berupa Plain HTML Page, bukan PHP.

Jika sobat pernah menggunakan Website Builder, maka sobat pasti tau bahwa Website Builder adalah alat saja berbasis GUI (Graphical User Interface) yang berfungsi membuat halaman-halaman Website kita berbasis HTML, CSS, dan JavaScript.

Nah, CMS seperti WordPress ini bisa dikatakan Website Builder, tapi karena fiturnya sangat lengkap, maka disebut Content Management System.

Maksudnya adalah WordPress berfungsi membuild sebuah Website, membuat halaman, artikel (konten), dan juga mendukung fungsi-fungsi pengelolaan semua itu tadi, semua tergabung dalam satu kesatuan sehingga disebut System.

Kapan kita pakai Website Builder ?

Website Builder idealnya untuk Website Statis, misalnya Company Profile (Profil Perusahaan) yang jarang diupdate.

Kelebihan halaman dalam format HTML biasa daripada PHP adalah waktu akses yang lebih cepat.

Tapi saat ini konsep itu sudah bisa diterapkan di WordPress, yakni menggunakan Plugins Caching seperti W3 Total Cache, WP Fastest Cache, dan LiteSpeed Cache (LSCach) yang fungsinya membuat Artikel yang sudah kita buat sebagai File HMTL Static saja, sehingga tidak meload/query ke Database lagi yang kurang efisien dan efektif.

 

Apa Bedanya Website dengan Blog ?

Blog adalah singkatan dari Web Log.

Web adalah istilah lain dari Network (Jaringan). Bahasa Inggrisnya “Jaring Laba-laba” kan “Spider Web”, makanya Robot/Bot dari Search Engine disebut “Spider Bot” yang fungsinya sebagai  “Crawler”. 😀

Website adalah sebuah Tempat Virtual yang dikunjungi di Internet, dalam bahasa Indonesia, tempat-tempat yang unik disebut Situs, misalnya “Situs Bersejarah”. Maka dalam Bahasa Indonesia, Website sering disebut juga Situs Internet. Bukankah Website itu unik ?, hal-hal yang membuat Website itu unik adalah Domain/Alamat Situs yang cuma satu-satunya tidak bisa dikloning, dan isi dari Situs itu juga unik.

Jadi, Website dan Blog itu dasarnya sama-sama Situs Internet, yang membedakan hanya Tujuan dibuatnya Situs itu.

 

Jenis-jenis Website

Ada banyak sekali kategori atau jenis-jenis Website saat ini, diantaranya yang paling banyak digunakan adalah:

  1. Blog.
  2. Toko Online (E-Commerce).
  3. Wiki
  4. Forum
  5. Social Media

Blog dibuat sebagai Log (Activity Log) dari pemiliknya. Dulu Blog menjadi Platform/Media paling populer untuk kebutuhan Log/Catatan/Diary sebelum Social Media masih belum seperti sekarang ini. Tujuan diciptakannya WordPress dulu untuk kebutuhan itu.

Jadi, Blog adalah Website yang digunakan sebagai Catatan Aktivitas pemilik Website tersebut.

Saat ini WordPress nyatanya dibuat bukan sebagai sarana Diary saja, tapi sebagai Media untuk Sharing Ilmu Pengetahuan, Tutorial, dan Informasi bermanfaat lainnya, padahal Platform Website untuk kebutuhan itu ada sendiri yakni Wiki. Contohnya seperti Wikipedia dan WikiHow.

Jadi, Blog sudah pasti Website, tapi Website tidak selalu Blog.

 

Ngeblog pakai Social Media

Aktivitas Ngeblog saat ini sudah lebih luas lagi sob, tidak cuma dengan menggunakan Platform WordPress, Blogger.com, dsb saja, tapi di Social Media pun bisa dikatakan Ngeblog, makanya di Facebook ada fitur bernama “Activity Log”.

Anda melakukan Update Status di Social Media, sebenarnya itu sudah bisa dikatakan Ngeblog, karena Social Media walau bagaimanapun tetaplah sebuah Website 😀

 

Justru saat ini yang lebih relvant disebut Blog adalah Social Media, khususnya Twitter dan Facebook. Sedangkan Blog dalam bentuk Website dengan menggunakan CMS khusus Blogging saat ini tidak cuma sekedar ngeblog saja.

 

Tapi istilah Blog sudah melekat erat sekali pada Website yang menggunakan Platform WordPress.com/org, Blogger.com, dsb.

Kalau dulu CMS Joomla sering diidentikkan sebagai Platform Website, tapi nyatanya kita bisa saja ngeblog dengan menggunakan Joomla.

Ingat, yang membedakan bukan Platformnya, tapi justru Konten yang dibuat dengan menggunakan Platform tersebut.

 

Kelemahan Ngeblog Menggunakan Social Media

Memang mudah sekali ngeblog dengan Social Media, tapi Ada banyak kekurangan yang menurut saya tidak nyaman, yakni:

  1. Meski aktivitiasnya disebut Blogging, tapi Social Media tetaplah Platform yang tidak ideal jika aktivitas Blogging itu sebenarnya bisa dimaksimalkan dengan Platform Blog yang lebih professional seperti WordPress, agar management konten lebih baik dan cakupan audience/pembaca yang lebih banyak.
  2. Postingan kita 1 Bulan yang lalu di Social Media jika tidak viral, akan tenggelam begitu saja, menjadi kenangan, tapi di Blog, Postingan kita 1 Tahun lalu sampai detik ini masih dibaca orang lain yang menemukan Artikel kita itu dari Search Engine seperti Google, Bing, Yahoo, dsb
  3. Kita tidak menggunakan Domain Pribadi atau Subdomain khusus untuk kita, hanya Username saja. Itu penting sekali menurut saya, karena ketika kita memiliki Domain sendiri, artinya Website itu milik kita, faktanya kita di Social Media hanya pengguna yang dijadikan sumber duit oleh penyedia layanan Social Media yang meraup untung dari Iklan, simbiosis mutualisme gitu deh 😀

Memang bisa saja membeli Domain yang kemudian diredirect/dialihkan ke Profil Social Media kita, tapi setiap Postingan kita tidak akan bisa diarahkan ke URL di Domain tersebut.

 

Kesimpulan

Setiap platform memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing, memang saat ini kalau hanya untuk kebutuhan Blogging, di Social Media juga bisa, tapi banyak kekurangan yang membuat saya pribadi berfikir membuat Blog sendiri saja, karena di Social Media, Artikel saya mudah sekali tenggelam, karena saya bukan tipikal Facebooker yang suka membuat Postingan yang menjadi Viral.

Kelebihan paling mantap dari Blog sendiri adalah, Format Teks yang lebih baik seperti yang Anda lihat dari Artikel ini, dan juga saya bisa mendapatkan Penghasilan dari Blog 🙂

 

 


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified