L

Masih Bingung Bedanya Website dengan Blog ?, Inilah Penjelasan Detailnya !


Bismillahirrohmanirrohim


Apa Bedanya Website dengan Blog ?

Blog adalah singkatan dari Web Log.

Web adalah istilah lain dari Network (Jaringan). Bahasa Inggrisnya “Jaring Laba-laba” kan “Spider Web”, makanya Robot/Bot dari Search Engine disebut “Spider Bot” yang fungsinya sebagai  “Crawler”. 😀

Website adalah sebuah Tempat Virtual yang dikunjungi di Internet, dalam bahasa Indonesia, tempat-tempat yang unik disebut Situs, misalnya “Situs Bersejarah”. Maka dalam Bahasa Indonesia, Website sering disebut juga Situs Internet. Bukankah Website itu unik ?, hal-hal yang membuat Website itu unik adalah Domain/Alamat Situs yang cuma satu-satunya tidak bisa dikloning, dan isi dari Situs itu juga unik.

Jadi, Website dan Blog itu dasarnya sama-sama Situs Internet, yang membedakan hanya Tujuan dibuatnya Situs itu.

 

Jenis-jenis Website

Ada banyak sekali kategori atau jenis-jenis Website saat ini, diantaranya yang paling banyak digunakan adalah:

  1. Blog.
  2. Toko Online (E-Commerce).
  3. Wiki
  4. Forum
  5. Social Media

Blog dibuat sebagai Log (Activity Log) dari pemiliknya. Dulu Blog menjadi Platform/Media paling populer untuk kebutuhan Log/Catatan/Diary sebelum Social Media masih belum seperti sekarang ini. Tujuan diciptakannya WordPress dulu untuk kebutuhan itu.

Jadi, Blog adalah Website yang digunakan sebagai Catatan Aktivitas pemilik Website tersebut.

Saat ini WordPress nyatanya dibuat bukan sebagai sarana Diary saja, tapi sebagai Media untuk Sharing Ilmu Pengetahuan, Tutorial, dan Informasi bermanfaat lainnya, padahal Platform Website untuk kebutuhan itu ada sendiri yakni Wiki. Contohnya seperti Wikipedia dan WikiHow.

Jadi, Blog sudah pasti Website, tapi Website tidak selalu Blog.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified