L

Cara Ampuh Menggunakan Banyak Mailbox dalam Satu Domain


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Cloud Data Center

Mungkinkah menggunakan dua atau lebih mail server dalam satu domain ?

Jawabannya adalah mungkin, itu bisa dilakukan !

Tapi bukan dengan membuat MX Record dari beberapa Mail Server tersebut pada DNS Server Domain Anda 😀

Karena hal itu tidak akan bisa dilakukan, kenapa ?

Anda pasti tau mengenai Priority pada MX Record, nah itu berfungsi sebaimana namanya, misalnya ada 3 MX Record, maka MX Record dengan angka Priority terkecil yang didahulukan untuk digunakan, jika gagal, maka lanjut ke MX Record dengan angka Priority yang lebih besar, begitu seterusnya, bahkan bisa lebih dari 3 MX Record.

Biasanya angka Priority pada MX Record adalah 0, 10, 20, 50, dsb. Angka semakin kecil maka semakin High Priority.

MX sendiri berarti Mail eXchange, artinya MX adalah “Tempat Transit” untuk semua email yang dikirimkan pada Domain bersangkutan.

Tanpa MX Record, email tidak akan bisa masuk ke Mailbox di Mail Server !

Jadi, jika misalnya Anda menggunakan 2 Mailbox, lalu Anda buat MX Record dari keduanya di domain yang sama, maka hanya salah satu dari keduanya saja yang akan menerima email yang masuk tersebut. Meskipun Priority-nya Anda samakan angkanya. Misalnya sama-sama 10, tapi tetap saja akan masuk ke salah satunya saja, justru ini membingungkan, karena tidak ada kejelasan ke Mailbox mana email tersebut masuk, akibatnya nanti jadi random/acak 😀

 

Lalu, Bagaimana Cara Melakukannya ?

Teknik ini disebut “Dual Delivery” yang berhubungan pada Email Routing, dan harus ada dukungan dari Email Service bersangkutan yang kita gunakan.

Untuk referensi lebih detail bisa Anda baca disini untuk G-Suite dan disini untuk ZohoMail.

Agak sulit bagi saya membuat artikel tutorial ini secara detail karena banyaknya Email Service Provider yang ada, sehingga saya gunakan sample terbaik yakni ZohoMail, karena ZohoMail adalah Email Service gratisan dengan fitur Custom Domain terbaik saat ini menurut beberapa review, dan tentu saja mendukung Dual Delivery ini.

Karena saya memang menggunakan ZohoMail, untuk Email Hosting Provider lainnya tentu akan saya buatkan juga tutorialnya jika saya menggunakannya 😀

Cara mengaktifkannya sudah ada Official Tutorial di Knowledge Base ZohoMail disini.

Namun saya coba berikan contoh saja disini dalam mengisi form yang ada, yakni:

Zoho Email Routing: Dual Delivery

Posisinya ada di Control Panel → Mail Administration → Email Routing → Email Delivery Options

Dalam contoh diatas, saya menggunakan Email Hosting bawaan cPanel Web Hosting yang saya gunakan sebagai Mirror/Backup Delivery.

Yeah, memanfaatkan fitur email bawaan hosting kan lebih baik daripada tidak digunakan sama sekali ?

Asiknya saya bisa pilih mau baca email di Mailbox ZohoMail atau di Mailbox Hosting yang saya gunakan 😀

Jadi, ketika ada pesan masuk ke alamat email yang terkait dengan domain saya, maka pesan tersebut akan masuk ke Mailbox di ZohoMail dan di Hosting bawaan cPanel.

 

Perkuat Spam Filtering dengan SpamExperts (Opsional)

Bahkan jika Anda memiliki SpamExperts untuk Incoming Mail Service, Anda bisa memastikan email yang masuk 99% bersih dari Spam dengan menggunakan MX dari SpamExperts, sedangkan MX dari ZohoMail atau Email Service lainnya Anda setup di SpamExperts Dashboard pada menu Edit Route(s).

Jadi, seluruh email yang masuk akan melewati SpamExperts dulu, baru kemudian masuk ke ZohoMail dan kemudian masuk juga ke Email Hosting cPanel.

 

Istilah “Email Hosting cPanel” dsb hanya contoh saja, pada dasarnya Anda bisa menggunakan ZohoMail bersama Email Hosting lainnya seperti G-Suite, dsb dengan syarat sama-sama custom domain, maksudnya alamat emailnya harus menggunakan nama domain Anda karena syarat utamanya adalah alamat emailnya sama, mana mungkin bisa sama jika salah satunya adalah @gmail.com misalnya, kalau begitu sih Email Forwarding 😀

 

Bagaimana dengan SMTP Server ?

Ini uniknya Email Server sob 😀

Untuk Incoming Mail itu memerlukan Mail Exchange agar bisa menerima pesan, lalu disimpan di Mailbox di Server, itulah kenapa di DNS pada Domain kita harus ada MX Record.

Lalu untuk Send Mail atau Mengirimkan Email, ada lagi yang namanya SMTP Server, nah ini khusus untuk pengiriman Email saja, bahkan ada penyedia layanan khusus untuk ini yakni Mailgun yang sudah saya bahas juga di artikel sebelumnya disini.

DNS Record terkait Send Mail adalah SPF dan DKIM menggunakan TXT Record agar email yang kita kirim tidak dianggap Spam oleh Anti-spam yang digunakan di Mail Server tujuan.

 

Jadi, untuk SMTP Server, bebas saja mau pakai yang mana saja, kita bisa menggunakan SMTP Server dari ZohoMail, dari Email Hosting bawaan cPanel, dari SpamExperts, dsb asalkan User Authentification yakni Alamat Email dan Password pada SMTP Server sudah kita buat sama dengan di Mailbox, berbeda password pun sebenarnya bisa saja 😀

Mana yang terbaik ?

Untuk Massive Send Mail yang terbaik adalah Mailgun, sedangkan untuk keperluan umum dan pribadi serta professional lebih baik menggunakan SMTP bawaan cPanel Hosting karena IP Address-nya lebih bersih, apalagi jika secara default sudah menggunakan SpamExperts, meski SpamExperts juga ada yang bersifat standalone, yakni bisa dikonfigurasi di SpamExperts Dashboard.

 

Kesimpulan

Sebenarnya saya lebih suka menggunakan Mail Service diluar Email bawaan cPanel, maka dari itu Email bawaan cPanel saya jadikan Backup atau Mirror.

Selain itu, karena yang terpenting adalah Uptime, misalnya ketika proses migrasi ke provider layanan web hosting lain, maka selama proses itu berlangsung sangat beresiko sekali email baru yang masuk ke inbox kita tidak ikut terpindahkan ke server baru.

Maka dari itu Email Hosting utama bagi saya adalah menggunakan provider layanan email hosting khusus, karena uptime lebih terjaga dan jarang sekali melakukan migrasi ke provider email hosting lain. Tidak seperti layanan web hosting yang mudah sekali pindah ke provider lain 😀

Intinya, di Era High Tech sekarang ini, kita leluasa memilih, buktinya untuk Email ini saja, saya bebas mau buka Mailbox di ZohoMail atau bawaah cPanel Hosting yang saya gunakan ?, bebas !, begitu juga ketika saya ingin mengirim email, saya bebas menggunakan SMTP Server mana pun juga.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified