L

Cara Menggunakan Banyak Mailbox dalam Satu Domain


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Cloud Data Center

Mungkinkah menggunakan dua atau lebih mail server dalam satu domain ?

Jawabannya adalah mungkin, itu bisa dilakukan !

Tapi bukan dengan membuat MX Record dari beberapa Mail Server tersebut pada DNS Server Domain Anda 😀

Karena hal itu tidak akan bisa dilakukan, kenapa ?

Anda pasti tau mengenai Priority pada MX Record, nah itu berfungsi sebaimana namanya, misalnya ada 3 MX Record, maka MX Record dengan angka Priority terkecil yang didahulukan untuk digunakan, jika gagal, maka lanjut ke MX Record dengan angka Priority yang lebih besar, begitu seterusnya, bahkan bisa lebih dari 3 MX Record.

Biasanya angka Priority pada MX Record adalah 0, 10, 20, 50, dsb. Angka semakin kecil maka semakin High Priority.

MX sendiri berarti Mail eXchange, artinya MX adalah “Tempat Transit” untuk semua email yang dikirimkan pada Domain bersangkutan.

Tanpa MX Record, email tidak akan bisa masuk ke Mailbox di Mail Server !

Jadi, jika misalnya Anda menggunakan 2 Mailbox, lalu Anda buat MX Record dari keduanya di domain yang sama, maka hanya salah satu dari keduanya saja yang akan menerima email yang masuk tersebut. Meskipun Priority-nya Anda samakan angkanya. Misalnya sama-sama 10, tapi tetap saja akan masuk ke salah satunya saja, justru ini membingungkan, karena tidak ada kejelasan ke Mailbox mana email tersebut masuk, akibatnya nanti jadi random/acak 😀

 

Lanjut ke halaman dua ya bro 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified