L

Fakta dan Alasan Kenapa Bensin Eceran Biasanya Menggunakan Botol Kaca


Bismillahirrohmanirrohim


Akurasi

Nah ini mirip-mirip seperti soal kualitas di atas, tapi ini lebih krusial, yakni akurasi bensin yang dijual oleh pengecer bensin apakah benar isinya 1 Liter atau kurang dari itu ?, kalau lebih dari itu sepertinya tidak mungkin 😀

Jadi sob, botol kaca standard yakni bekas botol minuman keras “Topi Miring” sejenis Whisky itu jika diisi cairan sebanyak 1 Liter maka posisi cairannya akan berada di atas lengkungan “Bahu” botol, yakni mendekati “Leher” botol, tapi masih dibawah “Leher” botol.

Jika bensin posisinya dibawah “Bahu” botol, maka isinya kurang dari 1 Liter.

Saya tau itu karena saya juga punya toko kelontong yang tentu saja menjual bensin eceran di botol kaca 😀

Banyak pengecer yang malas menakar bensin menggunakan takaran 1 Liter, mereka lebih memilih menyamaratakan bensin di dalam botol secara kira-kira, yakni beberapa botol kosong dijejerkan disamping satu botol yang sudah diisi bensin sebanyak 1 Liter (Atau kurang), selanjutnya botol yang kosong itu akan diisi bensin langsung dari selang sampai levelnya berada sama seperti satu botol yang sudah diukur sebelumnya.

Saya pribadi tidak mau main seperti itu, karena soal takaran dan timbangan itu tanggungjawabnya berat sob bagi seorang pedagang 😀

Idealnya, per botol itu diisi dengan bensin yang benar-benar diukur pakai takaran 1 Liter, memang prosesnya lambat dan membutuhkan ketelatenan, tapi lebih berkah 🙂

Ada alasaan sebenarnya kenapa banyak sebagian pengecer bermain curang dengan mengurangi volume bensin kurang dari 1 Liter, karena ketika pengecer membeli bensin di SPBU dalam tangki atau pun jerigen, maka dalam proses penakaran/memasukkan bensin ke botol itu akan terjadi penyusutan akibat penguapan maupun karena tumbah/rembes. Lumayan juga sih menurut pengalaman saya totalnya bisa sampai 200 – 500 mL, ya mau gimana lagi, itu resiko.

Sebenarnya ada tips untuk meminimalisir penyusutan tersebut, tapi tidak akan saya bahas disini, karena akan melenceng dari topik artikel ini.

Kembali ke topik mengenai akurasi, jika kita sudah tau bensin 1 Liter pada botol kaca standard itu seperti apa kelihatannya, maka kita bisa menilai, penjual bensin eceran yang akan kita datangi itu jujur atau tidak, beneran 1 Liter atau tidak cukup dengan melihat posisi bensin di dalam botolnya.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified